Surabaya (Antaranews Jatim) - Gubernur Jawa Timur Soekarwo melantik Ika Puspitasari dan Ahmad Rizal Zakaria sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mojokerto periode 2018-2023 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin.

“Selamat kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mojokerto, dan terima kasih kepada Plt Wali Kota Suyitno yang sudah mengabdi,” ujarnya di sela sambutannya.

Pakde Karwo, sapaan akrabnya, mengingatkan pasangan kepala daerah Kota Mojokerto tidak lupa terhadap rakyat setempat, sebab dikhawatirkan menjadi penyakit bagi pemimpin yang menang di kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Saat kampanye suka menyapa, tapi kalau sudah jadi tidak suka, entah karena lupa atau pura-pura lupa. Nah, penyakit seperti itu jangan sampai ada,” ucapnya.

Selain itu, Gubernur juga menegaskan agar wali kota dan wakil wali kota menghilangkan batasan pro dan kontra selama masa menjelang Pilkada, tapi justru harus dirangkul serta berkolaborasi demi kepentingan dan kesejahteraan rakyat.

Pada kesempatan sama, orang nomor satu di Pemprov Jatim itu menyarankan kepala daerah mendatangi Forkopimda setempat, seperti Pimpinan DPRD, Kapolresta, Kajari, Dandim, serta tokoh masyarakat dan pejabat setempat lainnya.

“Lebih baik korbankan waktu untuk mendatangi mereka. Ajak semuanya bersama-sama menyukseskan pembangunan di Kota Mojokerto,” kata Gubernur Jatim dua periode tersebut.

Tak itu saja, Pakde Karwo meminta kepala daerah segera memikirkan visi misi selama masa kepemimpinan, termasuk mengikuti program nasional, provinsi dan Kota Mojokerto.

“Aturannya sesuai perundang-undangan, bahwa harus berkesinambungan dengan nasional dan provinsi. Silakan berkonsultasi dengan Bappeda Jatim untuk merumuskannya,” katanya.

Sementara itu, turut hadir pada proses pelantikan tersebut Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, beberapa kepala OPD Pemprov Jatim, pejabat Pemkot serta pejabat Forkopimda Kota Mojokerto. (*)

Video Oleh Fiqih Arfani

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018