Bojonegoro (Antaranews Jatim) - Djaduk Ferianto dan Regina Idol akan menanam pohon di objek wisata Kayangan Api di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro, Jawa Timur, sebelum tampil dalam Festival Geopark di lokasi setempat, Sabtu malam.

"Penampilan Djaduk Ferianto dengan grup Orkes Sinten Remen akan diawali dengan penanaman pohon di objek wisata Kayangan Api," kata Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro Dyah Enggarini Mukti di Bojonegoro, Sabtu.

Selain itu, Regina Idol juga akan ikut menanam pohon di lokasi yang sama, sebelum tampil dalam pergelaran Festival Geopark di objek wisata api abadi itu.

Penanaman pohon itu merupakan simbolis dalam upaya konservasi kawasan objek wisata yang masuk Geopark Nasional hamparan minyak bumi.

"Saat ini Regina Idol masih dalam perjalanan menuju Bojonegoro," ucapnya.

Tampil pada hari pertama Festival Geopark, selain Orkes Sinten Remen dan Regina Idol, yaitu peluncuran batik motif "Naga" dan musik etnik Bojonegoro.

Sebelum itu, pada 22 November juga dilakukan penanaman pohon di objek wisata Teksas Wonocolo di Kecamatan Kedewan, bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Teksas Wonocolo, karang taruna, PT Bojonegoro Bangun Sarana (BBS).

Selain itu, juga diserahkan berbagai peralatan kebersihan, seperti tempat sampah dan sapu.

"Harapan kami pohon yang ditanam bisa tumbuh, sebab kawasan setempat merupakan ladang penambangan minyak mentah," katanya.

Menurut dia, kegiatan Festival Geopark juga akan diisi dengan "funtrip" ke berbagai objek wisata, antara lain kebun belimbing di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, pada 25 November.

Selain itu, lokasi yang juga dikunjungi yakni geosite Kayangan Api di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem dan geosite Teksas Wonocolo di Kecamatan Kedewan, yang masuk Geopark Nasional hamparan minyak bumi.

Ikut dalam kegiatan "funtrip" , antara lain perwakilan  duta wisata Indonesia, antara lain dari Bogor, Bandung, Bali, Ponorogo, Madiun, Sleman, Bantul, dan Yogyakarta.

Selanjutnya dalam kegiatan Festival Geopark pada 25 November juga di objek wisata Kayangan Api akan tampil Sruti Respati "feat bassist" Indro, dan "closing event special perform" Anji "feat" Sruti. (*)

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018