Surabaya (Antaranews Jatim) - Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman mengingatkan anggota TNI Angkatan Darat tidak sampai terseret ke politik praktis menjelang Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019.
 
"Prajurit, khususnya di Kodam V/Brawijaya, harus selalu mawas diri dan jangan sampai terseret di lingkungan politik praktis," ujarnya di sela memimpin serah terima jabatan sejumlah perwira di Makodam V/Brawijaya di Surabaya, Jumat.

Menghadapi pesta demokrasi terbesar di Tanah Air, kata dia, anggota TNI AD dengan pangkat maupun jabatan apapun wajib netral, bahkan menjadi institusi yang mampu mengawal proses perhelatan Pemilu.

"Netral menjadi harga mati dan mari kawal proses demokrasi tahun depan," ucap jenderal TNI dengan pangkat dua bintang tersebut.

Sementara itu, terjadi pergantian di beberapa jabatan yang menurut Pangdam sebagai penyegeran satuan dalam upaya dalam mewujudkan TNI AD handal dan profesional.

Ia berharap kepada para pejabat baru dan seluruh pimpinan satuan agar menyelenggarakan pembinaan secara integritas dan berkesinambungan, serta berlandaskan pada pembangunan karakter prajurit patriot bangsa berjiwa ksatria sejati.

"Bagaikan sebuah kepercayaan, sekaligus amanah. Setiap pejabat yang menduduki suatu jabatan juga harus siap untuk di evaluasi pelaksanaannya setiap saat. Semoga menjadi lebih baik, terlebih dalam meningkatkan inovasi dan kreativitas menghadapi setiap tugas," katanya.

Beberapa nama yang termasuk dalam gerbong mutasi, yakni Kolonel Inf Bernadus Robert yang sebelumnya menjabat staf ahli bidang manajemen sishanneg digantikan Kolonel Adam Suwarno Pangeran, kemudian Kolonel Adam yang sebelumnya menjabat sebagai staf ahli bidang ideologi politik digantikan Kolonel Arh Trias Wijanarko.

Selain itu, staf ahli bidang hukum dan humaniter yang sebelumnya dijabat Kolonel Inf Danni Koswara digantikan Kolonel Inf Teddy Sudjarwo, Kapaldam Kolonel Cpl Yeyet Komar Hidayat digantikan Letkol Cpl Moh Tadi, Kolonel Ctp Rukmantara Katopdam V/Brawijaya digantikan Kolonel Ctp Hery Sulistiyanto.

Selain itu  Letkol Inf Imam Wibowo digantikan Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap sebagai Dandeninteldam, termasuk jabatan Kasetum dan Kasandidam V/Brawijaya yang sebelumnya kosong kini dijabat Letkol Arm Aries Fachrurrozie dan Letkol Kav Depri Rio Saransi. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018