Surabaya (Antaranews Jatim) - Kompetisi cabang olahraga eSport bagi siswa SMA sederajat akan digulirkan dengan nama High School League 2018 (HSL 2018) guna mencetak lebih banyak atlet eSport nasional.

"Tujuan utama dari diadakannya liga eSports ini adalah untuk mencetak bibit baru dari kalangan siswa SMA untuk meningkatkan daya saing Indonesia di kancah dunia. Apalagi Indonesia meraih satu emas pada cabang olahraga itu di Asian Games 2018," kata Presiden HSL 2018 Stevanus di Surabaya, Sabtu.

Stevanus mengatakan Saat ini HSL 2018 masih dalam tahap sosialisasi ke beberapa daerah guna menjaring para gamer terbaik dari jenjang SMA yang memiliki nilai akademik baik.

Untuk babak kualifikasi akan dilakukan di delapan kota di Indonesia. Di Jawa Timur sendiri HSL 2018 memilih dua kota, Surabaya dan Malang untuk menjadi penyelenggara.

"Untuk Surabaya dilaksanakan di Three Kingdom Cafe sedangkan di Malang ditempatkan di Hardcore cafe. Kedua cafe ini arena eSports berstandar internasional dan mendapat sertifikasi GeForce," katanya.

Nantinya game yang akan dipertadingkan di HSL 2018 adalah Dota 2. Pihaknya beralasan Dota 2 merupakan game yang dapat mendorong kemampuan tim untuk bekerja sama, kekompakan, pengambilan keputusan dengan cepat dan tepat. Selain itu juga dibutuhkan strategi, sportivitas, dan kedisiplinan.

Diharapkannya, pandangan masyarakat akan game yang negative bisa berubah, dan pada akhirnya akan meningkatkan industri game di tanah air.

"Tentu saja industri tersebut tidak hanya terbatas pada atlit eSports saja, melainkan meluas ke pembuat game, publisher, serta manajemen bisnis game," papar Stevanus.

HSL 2018 sendiri akan berlangsung selama satu semester atau enam bulan dan hanya akan digelar pada hari Sabtu dan Minggu ketika siswa sedang libur.

"Kami pilih waktunya Sabtu dan Minggu karena tidak ingin siswa yang bertanding mendapatkan pengaruh buruk dari lingkungan pemain di netcafe tempat berlangsungnya acara," kata dia.

Setiap sekolah yang ingin mendaftarkan tim peserta bisa mulai memasukkan datanya ke situs HSL 2018 mulai dari 6 September 2018 hingga 12 Oktober 2018.

HSL 2018 berhasil menggandeng JD.ID, Lenovo dan NVIDIA serta iCafe berstandar internasional yang telah sertifikasi GeForce.(*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018