Bojonegoro (Antaranews Jatim) - Produksi minyak lapangan Sukowati di Bojonegoro dan Tuban,  Jawa Timur, dengan operator PT Pertamina EP Asset 4 Field Sukowati meningkat mencapai 10.010 barel per hari yang semula hanya 6.800 barel/hari.

"General Manager" Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field Agus Amperiyanto di Bojonegoro, Selasa, menjelaskan produksi minyak lapangan Sukowati menjadi 10.010 barel per hari itu, per 3 September.

Peningkatan produksi itu, lanjut dia, bisa mencapai 10.010 barel per hari diperoleh antara lain dari aktifitas optimalisasi program sumuran, "acid wash", servis sumur, perbaikan "cement bonding" dan reaktifasi sumur - sumur yang masih berpotensi.

Pekerjaan itu, lanjut dia, dilakukan setelah pengelolaan lapangan Sukowati yang semula dengan operator Joint Operating Body (JOB) Pertamina-Petrochina East Java (PPEJ) diambilalih Pertamina EP Asset 4 Field Sukowati sejak 20 Mei 2018.

"Ada lima sumur minyak Sukowati yang kita maksimalkan. Untuk biayanya berkisar 800-900 ribu dolar Amerika Serikat per sumurnya," kata dia menjelaskan.

Sesuai data, kata dia, di wilayah kerja lapangan Sukowati tercatat sumur produksi sebanyak 27 Sumur minyak dengan lima  Sumur diantaranya memiliki produksi terbesar antara lain SKW 27 sekitar 1.659 barel/hari, SKW 7 sekitar 672 barel/hari.

Selain itu, SKW 25  sekitar 743 barel/hari, SKW 8C  sekitar 927 barel/hari, dan SKW 18 sekitar 572 barel/hari.

"Produksi minyak lapangan Sukowati yang ditargetkan tercapai akhir tahun, tapi sekarang sudah tercapai," kata dia saat acara syukuran peningkatan produksi Sukowati Field.

Dengan adanya peningkatan produksi minyak lapangan Sukowati itu, menurut Agus, semakin menambah total produksi PT Pertamina EP Asset 4 hingga 17.203 barel/hari  atau lebih tinggi 123 persen dari target produksi 2018 sebesar 14.032 barel/hari.

Hal itu dibenarkan "Production and Operation Director" PT Pertamina EP Chalid Said yang menyebutkan bahwa produksi yang sekarang ini melebihi target produksi Sukowati "Field" yang ditetapkan sebesar 6.214 barel per hari.

"Dengan semangat dan sinergi seluruh jajaran kami optimistis dan yakin bisa meningkatkan produksi di seluruh wilayah operasi PT Pertamina EP sehingga mencapai target 83.000 BOPD," kata dia menegaskan.

"President Director" PT Pertamina EP Abdul Manaf, terpisah mengaku bersyukur atas peningkatan produksi di lapangan Sukowati.

"Tentu kami bersyukur sekaligus mengapresiasi kinerja Asset 4 dan tim yang bisa memberikan sumbangan produksi untuk perusahaan dan negara hingga diatas target," tambahnya. (*)





 

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018