Malang (Antaranews Jatim) - Universitas Brawijaya (UB) Malang menargetkan juara umum Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-31 yang digelar di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada 29 Agustus-2 September 2018 sekaligus mempertahankan gelar juara umum yang telah diraih untuk keenam kalinya.

Kontingen UB yang berjumlah 93 orang mahasiswa dan didampingi 19 orang dosen itu dilepas Rektor Prof Dr Nuhfil Hanani bersama sejumlah pejabat di lingkungan rektorat, Minggu.

Sebelum dilakukan pelepasan diawali dengan doa bersama anak yatim dari lima panti asuhan yang ada di Malang raya, bahkan pada saat berlomba nanti, UB menggelar khataman Alquran sebagai pengiring mahasiswa yang berjuang di ajang Pimnas tersebut. "Mudah-mudahan tahun ini kami mampu mempertahankan gelar juara umum lagi sehingga tahun ini menjadi yang ketujuh kalinya UB menyabet predikat juara umum," kata rektor.

Nuhfil mengatakan persiapan tim UB di ajang Pimnas ke-31 sudah matang, namun harus tetap waspada. "Yang terpenting jangan takabur dan mohon doa restu dari semua pihak agar UB bisa menjadi juara umum lagi," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Nuhfil berjanji bagi para pemenang dalam Pimnas akan mendapatkan penghargaan berupa sertifikat Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) sebagai rekam jejak prestasi mahasiswa bersangkutan serta penghargaan lainnya.

"Oleh karena itu, semua komponen di lingkungan UB harus berdoa dan berusaha maksimal agar juara umum Pimnas kembali bisa kita genggam sekaligus sebagai obat kesedihan kita karena peringkat UB versi Kemenristekdikti turun, dari peringkat ke-8 menjadi 12," katanya.

Di ajang Pimnas 2018, UB meloloskan 25 tim dengan jumlah peserta 93 mahasiswa didampingi pembimbing 19 dosen. Ke-25 tim itu terdiri dari FEB 1 tim, FP 1 tim, FIB 2 tim, Fapet 2 tim, FT 3 tim, FMIPA 4 tim, FPIK 5 tim dan FTP 7 tim. Total PMK 7 dengan perincian PMK SH 1 tim, PMK GT 1 tim, PMKK 2 tim, PMK KC 3 tim, PMK M 4 tim, PMK T 7 tim, PMK PE 7 tim.

Pada Pimnas 2017, UB juga dinobatkan sebagai juara umum keenam kalinya. Bahkan, pada tahun sebelumnya menjadi juara umum empat kali berturut-turut. Hanya pada tahun 2015 juara umum tersebut lepas dari tangan UB, namun 2016 kembali direngkuh oleh kontingen UB.

Kontingen UB akan bertolak ke Yogyakarta, Senin (27/8) dengan menggunakan empat unit bus. Mahasiswa yang berlaga di ajang Pimnas 2018 tersebur, didampingi Wakil Rektor III dan para Wakil Dekan III di masing-masing fakultas yang mengirimkan mahasiswanya.*(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018