Magetan (Antaranews Jatim) - Posko Peduli Gempa Lombok di Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur hingga Minggu telah menerima paket bantuan kemanusiaan dari berbagai instansi untuk korban bencana alam di Lombok, Nusa Tenggara Barat sekitar 22 ton.

Komandan Lanud Iswahjudi Marsekal Pertama TNI Samsul Rizal di Magetan, Minggu, menuturkan semula paket bantuan untuk korban gempa tersebut dikirim menggunakan pesawat Hercules, Minggu.

Namun, katanya, oleh karena padatnya jadwal penerbangan pesawat Hercules, sehingga tertunda.

"Sebenarnya rencana akan dikirim hari ini (12/8). Namun, karena berbagai hal, sehingga baru besok (13/8) pagi menjelang siang akan dikirim," kata dia.

Ia menjelaskan pesawat Hercules milik TNI AU selain melakukan penerbangan untuk pengiriman bantuan dari berbagai daerah ke Lombok, juga mengangkut "ground crew" sejumlah pesawat tempur yang mengikuti latihan guna persiapan peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI.

"Hari ini ada beberapa pergerakan pesawat tempur yang mengikuti latihan untuk memeriahkan HUT RI sehingga pesawat Hercules dipergunakan untuk mengangkut `ground crew` yang akan mendukung kegiatan tersebut," ujarnya.

Bansos yang terkumpul di Posko Peduli Gempa Lombok, menurut dia, merupakan partisipasi dari sejumlah instansi pemerintah, TNI, dan Polri di Magetan dan sejumlah daerah sekitar, serta pihak swasta.

"Jumlah bantuan yang terkumpul antara 22 hingga 23 ton. Ini semua dari instansi di wilayah eks-Keresidenan Madiun, dari korem, kodim, polres, PT Gudang Garam, PT Inka, DPRD, pemkab," katanya.

Dia menyebutkan paket bantuan, antara lain bahan makanan, mi instan, susu, abon, selimut, tenda, tikar, dan pakaian.
Video Oleh Siswowidodo
 




 

Pewarta: Siswowidodo

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018