Surabaya (Antaranews Jatim) - Polrestabes Surabaya bersama Perhumas Surabaya, menggelar diskusi kebangsaan untuk mencegah aksi radikalisme dan menumbuhkan rasa nasionalisme di kalangan generasi muda di kota setempat, Sabtu.

Pada kegiatan yang bekerja sama dengan Gema Indonesia, Aliansi Pelajar Surabaya, dan Forum Antar Umat Beragama, Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan mengatakan aksi radikalisme dari kelompok-kelompok tidak bertanggung jawab yang saat ini tengah merebak bisa dilawan dengan menumbuhkan semangat nasionalisme di kalangan generasi muda.

"Rasa nasionalisme ini lah yang bisa membendung radikalisme Kita harus tumbuhkan kembali rasa nasionalisme di kalangan generasi millenials. Itu harus mulai dari hal kecil. Semisal apa, kalau kita cinta Indonesia, ayo pasang bendera menjelang momen 17 Agustus," kata Rudi.

Lebih lanjut, Rudi mengungkapkan jika beberapa langkah preventif langsung untuk mencegah semakin berkembang juga telah dilakukan oleh jajaran Polrestabes Surabaya.

Dialog langsung dengan pelajar dan mahasiswa untuk memberikan pemahaman tentang kewajiban mereka menjaga NKRI juga telah Polrestabes Surabaya lakukan. Menurutnya jemput bola ini merupakan cara yang paling efektif.

"Kami di polrestabes surabaya juga sudah punya unit surveillance untuk memantau kelompok yang diindikasi radikalis. Langkah selanjutnya, kami bersama BNPT langsung berupaya mendekati mereka dan mengambil langkah deradikalisme," ucap mantan Direskrimsus Polda Sumatera Selatan itu.

Senada, Ketua Perhumas Surabaya Suko Widodo yang juga turut menjadi pembicara pada forum diskusi menyatakan nasionalisme adalah kunci utama untuk menangkal penyebaran virus radikalisme.

"Indonesia ini terdiri dari berbagai macam latarbelakang berbagai macam etnis. Sudah jangan dipecah-pecah. Melalui nasionalisme ini lah rasa kesatuan dan persatuan di tengah perbedaan bisa dimunculkan. Kalau sudah begitu, maka radikalisme sudah tidak punya ruang lagi," kata Suko.

Sebagai tindak lanjut nyata dan berkelanjutan, para peserta forum diskusi pada kali ini sepakat untuk mengadakan forum-forum lanjutan dengan tema kebangsaan.

Gema Indonesia, Polrestabes Surabaya, Perhumas Surabaya, Aliansi Pelajar Surabaya, dan Forum Antar Umat Beragama siap untuk secara berkala duduk bersama dengan berbagai elemen masyarakat guna kembali memupuk rasa nasionalisme di tengah masyarakat.(*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018