Ponorogo (Antaranews Jatim) - Sebanyak 1.625 pelajar SMP dan SMK di Ponorogo, Jawa Timur mengikuti pelatihan pembekalan Pendidikan Pertama Bela Negara (PPBN) di lapangan sepak bola Kodim 0802/Ponorogo, Selasa.

Koordinator pelatih kegiatan PPBN, Pelda Erdianto mengatakan pelatihan tersebut untuk membekali siswa dengan karakter disiplin.

"Pelatihan pembekalan PPBN ini dimaksudkan untuk membekali siswa dan siswi dengan karakter disiplin guna menghadapi masa belajar tahun ajaran 2018/2019,"ujarnya.

Bintara Tinggi Tata Usaha Urusan Dalam (Bati Tuud) Koramil 0802/01 Kota Ponorogo itu mengemukakan, peserta pelatihan adalah para pelajar dari beberapa sekolah yang berada di sekitar Makodim Ponorogo yaitu SMPN 2, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 6, dan SMKN 2 Ponorogo.

"Sebanyak 31 personel Makodim Ponorogo dan Koramil Kota Ponorogo dilibatkan dalam latihan PPBN yang rencananya akan dilaksanakan selama tiga hari," katanya.

Erdianto mengemukakan, materi pelatihan meliputi fisik berupa Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Penghormatan Militer (PPM) dan tata upacara.

Selain itu, peserta mendapatkan pembekalan Wawasan Kebangsaan (Wasbang), bela negara dan upaya menangkal radikalisme. (*)

Pewarta: Siswowidodo

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018