Blitar  (Antaranews Jatim) - Menyambut hari lansia pada tanggal 29 Mei 2018 ,Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Blitar memberikan layanan kilat pengurusan paspor khusus bagi lansia.

Layanan kilat pengurusan paspor yang dipatok kurang dari sepuluh menit tersebut dimulai pukul 09.00 hingga 15.00 WIB.

"Layanan Ini kami lakukan sebagai bentuk apresiasi kepada para lansia. Jadi para lansia akan kita layani super cepat, lebih cepat daripada memasak mie instant,” ungkap Kepala Kanim Blitar Muhammad Akram ditemui di Blitar Jumat.

Proses permohonan paspor yang dimulai dari penyerahan formulir, wawancara, perekaman sidik jari hingga foto dilayani super kilat hanya dalam waktu sepuluh menit.

Pelayanan ekstra cepat ini dilakukan dengan memaksimalkan sejumlah tahapan yang harus dilalui, semisal wawancara serta pendampingan oleh petugas bagi lansia yang datang sendirian.

Meski dipercepat lanjut Akram, namun dipastikan tidak ada satu tahapan yang terlewati oleh para lansia dalam menerbitkan paspor. Sejumlah fasilitas juga telah disediakan oleh Kanim Kelas II Blitar diantaranya pemeriksaan kesehatan gratis.

"Kalau lansia itu nggak akan mungkin jadi TKI apalagi nanti memilih menyelundup jadi pekerja misalnya. Kan itu tidak. Jadi wawancara bisa kita percepat sambil sidik jari. Yang penting syarat lainnya juga harus lengkap dulu," imbuh Akram.

Pelayanan kilat yang diberikan Kanim Blitar mendapat respon baik dari pemohon lansia. Seorang pemohon Saringatun (76) warga Kecamatan Udanawu mengatakan jika dirinya sangat berterima kasih atas pelayanan tersebut.

“Alhamdulillah bisa cepat selesei mengurusnya, jadi saya bisa segera pulang dan beristirahat,” ungkapnya.

Senada dengan Saringatun, Ali (47) warga Kecamatan Srengat yang datang mengantarkan orang tuanya yang hendak menjalankan ibadah haji, juga menyampaikan kegembiraannya bisa menikmati fasilitas pembuatan paspor kilat yang hanya di gelar sehari tersebut.

"Cepet sekali mas Ibu saya Siti Khotijah usianya 70 tahu . Dan Alhamdulillah ngurusnya ngga perlu nunggu lama-lama," katanya. (*)

Pewarta: Irfan Anshori

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018