Ningxia (Antaranews Jatim) - Provinsi Ningxia, Tiongkok berencana menyiapkan kerja sama "sister province" atau provinsi kembar dengan Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Kepala Badan Informasi Kantor Penerangan Daerah Otonom Etnis Hui, , Zhang Hu, Minggu di Kota Yhinchua, Ningxia mengatakan, kerja sama kedua provinsi beda negara itu karena memiliki kesamaan.

Ia mengatakan, Jatim merupakan wilayah produksi pangan dan industri bagi Indonesia, sedangkan Ningxia juga merupakan wilayah penghasil pangan, khususnya padi dan sayuran.

Ningxia yang memiliki 6,81 juta penduduk jiwa dimana 36,6 persen beragama Islam yakni dari etni Hui, juga sama-sama sedang menggarap sektor wisata.

"Kami di wilayah Tiongkok sangat terkenal dengan produk pangan dan peternakan, serta memilik 50 tambang dan pemandangan alam yang bagus," kata Zhang Hu, saat ditemui delegasi media dari Jawa Timur dalam kunjungan ke wilayah setempat.

Ia mengatakan, kerja sama kedua wilayah diharapkan mendorong wisatawan Indonesia untuk datang ke Ningxia.

"Ningxia yang merupakan salah satu dari lima daerah otonom di Tiongkok memiliki lima kota dan 22 kabupaten, serta memiliki sejarah panjang dalam kebudayaan Tiongkok, sebab sudah ada kehidupan manusia di wilayah sini sekitar 50 ribu tahun yang lalu," tuturnya.

Selain itu, wilayah Ningxia juga mempunyai 47 etnis dari total 56 etnis di Tiongkok dengan mayoritas etnis Han yang sangat menghargai perbedaan beragama dalam tatanan masyarakat setempat.

Ia berharap, dengan kunjungan delegasi wartawan Jatim ke provinsi

Ningxia bisa semakin dikenal dan memperat peluang bagi hubungan China dengan Indonesia.

Menurut dia, melalui kerja sama ini dari sisi budaya juga akan makin mempererat hubungan masyarakat kedua provinsi.

Ningxia sebelumnya, mulai dikenal masyarakat Indonesia sejak Agustus 2017, sebab terdapat wisatawan dari Indonesia yang datang ke Ningxia menyewa pesawat dengan total 80 orang setiap pekan, karena penerbangan reguler masih belum ada.

Khusus dari sisi wisatawan, ia berharap makin banyak berpenduduk muslim khusus Ibdonesia dan Malaysia mengunjungi Ningxia, sebab wilayah setempat memiliki tagline "Visit Ningxia for a spiritual holiday" karena memiliki wilayah gurun pasir. 
Video Oleh Chandra HN

Pewarta: Abdul Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018