Surabaya (Antaranews Jatim) - Wali Kota Surabaya, Jawa Timur Tri Rismaharini mendorong kepada juru masak atau "chef" untuk mengembangkan kuliner Indonesia supaya lebih terkenal di dunia internasional.

"Sebenarnya Indonesia itu kaya akan kulinernya, oleh karena itu saya mendorong supaya kuliner-kuliner yang ada itu dikumpulkan dan dipatenkan untuk mengenalkan Indonesia melalui kuliner," katanya di sela Musyawarah Nasional Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI) di salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya, Jumat.

Ia mengemukakan, profesi "chef" saat ini merupakan profesi yang bagus karena dalam bisnis kuliner, keberadaan "chef" berada pada bagian depan.

"Oleh karena itu, saya berharap supaya `chef` Indonesia ini bekerja dengan sungguh-sungguh untuk mengangkat makanan Indonesia supaya Indonesia terkenal di dunia karena makanan," katanya.

Ia mengatakan, profesi ini seperti profesi lainnya, yang penting bisa menampilkan diri saat bekerja sesuai dengan kelebihan kemampuan memasaknya.

"`Chef` itu bisa datang bekerja dengan hanya membawa badan saja, begitu juga dengan kemungkinan datangnya `chef` dari luar negeri. Oleh karena itu, jangan lupa belajar bahasa," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum PCPI Bambang Nuryanto mengatakan, dengan adanya musyawarah nasional ini diharapkan akan menjadi awal kebangkitan dari profesi "chef" tersebut.

"Terdapat 27 DPD yang ikut mulai dari Aceh sampai dengan Papua, dan di Surabaya ini menjadi kebangkitan awal kuliner Indonesia," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018