Jember (Antaranews Jatim) - Delapan mahasiswa dari berbagai fakultas Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, Jawa Timur melaksanakan kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) lintas nusantara ke Jayapura Papua sejak 5 Maret hingga 30 April 2018.

"KKN lintas nusantara itu merupakan bagian dari upaya untuk meneguhkan, serta membangun nilai kebangsaan dan nasionalisme, khususnya bagi mahasiswa IAIN Jember," kata Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Jember Muhibbin di Jember, Senin.

KKN lintas nusantara merupakan salah satu diantara wujud pengabdian masyarakat ditingkat mahasiswa, selain KKN regular yang dilaksanakan di Kabupaten Jember dan beberapa kabupaten sekitarnya.

"Hari ini pelepasan delapan mahasiswa merupakan tahapan awal pada pelaksanaan KKN lintas nusantara yang akan dipusatkan di Jayapura Papua," tuturnya.

Selain ke Papua, lanjut dia, mahasiswa IAIN Jember dalam waktu dekat juga akan diterjunkan di lokasi lain yang telah dipilih oleh LP2M sebagai lokasi kegiatan KKN lintas nusantara pada tahun 2018 yakni Bengkalis Riau, Aceh dan Kalimantan.

"KKN lintas nusantara telah dilaksanakan oleh IAIN Jember sejak tahun 2016 dan pada tahun 2017, KKN lintas nusantara dilakukan di dua lokasi yakni Jayapura Papua dengan menerjunkan 12 peserta dan Bengkalis Riau dengan menerjunkan delapan peserta," katanya.

Ia menjelaskan KKN lintas nusantara itu merupakan bagian dari upaya untuk meneguhkan serta membangun nilai kebangsaan dan nasionalisme, khususnya bagi mahasiswa IAIN Jember.

"Mahasiswa peserta KKN lintas nusantara sebelum diterjunkan telah diberikan tambahan pengetahuan melalui kegiatan orientasi sebelum pemberangkatan ke Papua, sehingga diharapkan bekal pengetahuan itu dapat menjadi modal tambahan bagi peserta KKN yang akan melakukan pengabdian masyarakat di sana," ujarnya.

Dengan demikian, lanjut dia, mahasiswa IAIN Jember yang bergabung dengan mahasiswa STAIN Jayapura bisa melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, sehingga bisa membantu warga Papua dalam rangka melakukan upaya perubahan ke arah yang lebih baik.

Sementara Rektor IAIN Jember Prof Babun Suharto memiliki harapan besar terhadap pelaksanaan kegiatan KKN lintas nusantara yang diprakarsai oleh LP2M IAIN Jember karena KKN tersebut memiliki misi dalam upaya ikut serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), khususnya di Papua.

"KKN lintas nusantara itu merupakan wujud nyata dari keterlibatan IAIN Jember sebagai bagian dari PTKIN untuk ikut serta melakukan advokasi masyarakat Papua, dalam upaya melakukan pencegahan terhadap radikalsime agama yang dinilai dapat mengancam pada keutuhan NKRI," katanya.

Ia berharap setiap peserta harus bisa menjaga dirinya dan nama baik almamater kampus IAIN Jember sebagai keluarga besar Kementerian Agama RI, sehingga KKN yang dilaksanakan tersebut dapat terlaksana dengan baik hingga bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Papua.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018