Pamekasan (Antaranews Jatim) - Komunitas wartawan di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Rabu, menggelar bhakti sosial donor darah, guna menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di "guest host" pendopo pemkab setempat.

Bhakti sosial donor darah ini, terselenggara berkat kerja sama paguyuban wartawan lokal Pamekasan, yakni Forum Wartawan Pamekasan dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan.

"Bhakti sosial donor darah ini, merupakan rangkaian kegiatan yang digelar wartawan Pamekasan dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Pers Nasional yang jatuh pada 9 Februari," ujar Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Pamekasan Syamsuddin kepada Antara per telepon, Rabu malam.

Wartawan Koran Harian Bhirawa yang juga Ketua FWP Pamekasan ini lebih lanjut menjelaskan, kegiatan sosial donor darah gabungan antara PWI dengan organisasi paguyuban wartawan lokal itu merupakan kali pertama dan akan menjadi kegiatan rutin tahunan.


Sebanyak 33 kantong darah dari berbagai golongan terkumpul dalam kegiatan bhakti sosial dolor darah yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan itu.

Wakil Bupati Pamekasan Kholil Asy`ari dan Kapolres Pamekasan AKBP Teguh Wibowo juga ikut mendonorkan darahnya pada kegiatan itu.

Kapolres menilai, kegiatan yang digelar wartawan Pamekasan itu sebagai bentuk kepedulian terhadap masalah sosial dan kesehatan masyarakat.

"Saya juga menyampaikan ucapan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers dan wartawan di Pamekasan kedepan bisa lebih kompak dan proporsional dalam menyajikan informasi kepada masyarakat," ujar kapolres.

Sementara, Wakil Bupati Pamekasan Kholil Asy`ari berharap, kegiatan sosial seperti donor darah yang dilakukan wartawan Pamekasan bisa digelar secara rutin setiap tahun.

"Sebab, dengan bhakti sosial seperti ini, disatu sisi juga bisa menambah kepekaan sosial," ujar wabup.

Bhakti sosial donor yang digelar PWI bersama komunitas wartawan Pamekasan itu merupakan salah satu kegiatan dalam rangka merayakan Hari Pers Nasional (HPN) 2018.

Jenis kegiatan lainnya adalah dialog publik tentang wisata dan olahraga, terkait pembinaan anak usia dini, serta deklarasi Pilkada Damai 2018.

Ketua Panitia Bhakti Sosial Donor Darah HPN 2018 Erick Sugianto menyatakan, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menanankan nilai-nilai kemanusiaan dan meningkatkan kepekaan sosial di kalangan jurnalis.

"Selain itu, kami berharap kemitraan yang baik dan saling menguntungkan untuk kebaikan bangsa dan negara ini, bisa tercipta melalui kegiatan ini," ujar Erick. (*)
Video Oleh Abdul Aziz

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018