Ngawi (Antara Jatim) - Bencana tanah longsor merusak dua rumah warga di Desa Hargomulyo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, akibat hujan deras yang mengguyur permukiman di lereng Gunung Lawu tersebut.
     
"Sesuai pendataan, dua rumah warga yang rusak tersebut adalah milik Pariyem dan Adi Tumin," ujar petugas anggota BPBD Ngawi, Teguh Puryadi kepada wartawan, Jumat. 
     
Akibat longsor, dinding rumah Pariyem yang berada di  Kecamatan Ngrambe itu jebol. Berutung saat kejadian janda tersebut sedang berada di Jakarta sehingga tidak ada korban.
     
Sedangkan rumah Adi Tumin yang berada di atas rumah Pariyem, bagian dapurnya nyaris roboh karena tanah sebagai dasar bangunan ambles dan longsor.
     
Warga desa sekitar dibantu petugas BPBD Ngawi, TNI, Polri, dan relawan bergotong-royong membersihkan material longsoran dan puing-puing bangunan yang ada. 
     
Teguh menambahkan, selain di Desa Hargomulyo, Ngrambe, tanah longsor juga merusak rumah seorang warga di Desa Manyul, Kecamatan Jogorogo, Ngawi. 
     
"Bencana longsor yang terjadi di sejumlah desa tersebut disebabkan karena intensitas hujan yang cukup tinggi. Sehingga tebing di lereng Gunung Lawu tidak kuat menahan debit air," kata Teguh.
     
BPBD Ngawi memprediksi risiko tanah longsor masih sangat tinggi mengingat curah hujan masih akan mencapai puncaknya pada bulan Januari dan Februari 2018.  
     
Sesuai hasil pemetaan, daerah Kabupaten Ngawi yang masuk wilayah zona merah bencana longsor di antaranya terdapat di daerah lereng Gunung Lawu. Yakni Kecamatan Kendal, Jogorogo, Ngrambe, dan Sine.
     
Warga yang tinggal di wlayah tersebut diminta berhati-hati saat hujan deras mengguyur selama beberapa jam bahkan semalaman penuh. Warga hendaknya mengungsi ke tempat yang lebih aman. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017