Kediri (Antara Jatim) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, mendapatkan penghargaan kota cerdas dalam program Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2017, yang langsung diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wapres, Senin . 
     
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengaku sangat bangga dengan penghargaan ini. Ia mengatakan "smart city" atau program kota cerdas di Kota Kediri dibangun berdasarkan kebutuhan masyarakat, sehingga dimungkinkan konsepnya berbeda dengan kota lain. 

"Selama tiga tahun ini saya, ibu Wakil Wali Kota dan tim membangun 'Smart city' untuk membuat warga Kota Kediri dapat dengan mudah memperoleh pelayanan yang ada di Kota Kediri. Dan Alhamdulillah, kami mendapatkan penghargaan," katanya di Kediri, Senin. 
     
Ia mengatakan, program-program yang ada di Kota Kediri juga akan terus dikembangkan ke depannya, sehingga Kota Kediri dapat menjadi kota cerdas yang lebih baik lagi. Perbaikan pelayanan itu salah satunya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, yaitu komputer. 
    
Wali Kota juga berharap, ke depan semua program di Kota Kediri bisa terkoneksi dengan lebih baik dan selalu ada sinergi dengan semua pihak pemangku kepentingan.
     
"Tentu kami berharap pada masyarakat kemudahan apa saja yang ada di Kota Kediri baik pelayanan melalui 'Website' ataupun komputer. Silahkan dimanfaatkan kemudahan yang ada tidak perlu keluar biaya untuk transportasi, cukup dalam jaringan saja," ujarnya.  
     
RKCI adalah kegiatan yang dilakukan untuk melakukan pemetaan sehingga setiap kota mampu menjadi kota cerdas berdasarkan potensi dan karakter masing-masing. Kegiatan pemetaan ini merupakan kegiatan yang dilakukan dua tahun sekali dan dimulai pertama kali pada 2015.
     
Tujuan RKCI ini adalah mampu menjadi pendorong terwujudnya redistribusi pembangunan kota dan desa serta mengurangi kesenjangan antar kota di Indonesia. Peserta kegiatan ini adalah seluruh kota anggota APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia). 
     
Sementara itu, kota cerdas adalah kota yang dapat mengelola berbagai sumber dayanya secara efektif dan efisien untuk menyelesaikan berbagai tantangan kota menggunakan solusi inovatif, terintegrasi, dan berkelanjutan untuk menyediakan infrastruktur dan memberikan layanan-layanan kota yang dapat meningkatkan kualitas hidup warganya.
     
Kota Kediri mendapat penghargaan untuk kategori kota menengah. Selain Kota Kediri, juga terdapat sejumlah kota lainnya yang juga menerima penghargaan penerima penghargaan. Untuk yang masuk kota besar, antara lain Surabaya, Bandung, Semarang, Bekasi, Tangerang Selatan. Untuk kota sedang, yaitu Denpasar, Binjai, Manado, Yogyakartai. Sementara, kategori kota kecil, yakni Magelang, Sawahlunto, Bontang, Tual, dan Bukittinggi. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017