Kediri (Antara Jatim) - Dinas Kesehatan Kota Kediri, Jawa Timur, menggelar pawai untuk menggalakkan gerakan masyarakat hidup sehat dengan banyak mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah, dengan harapan bisa menjauhkan masyarakat dari penyakit degeneratif atau yang tidak menular.
    
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengemukakan gerakan masyarakat hidup sehat itu sangat penting. Masyarakat diajak untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat serta melakukan olahraga fisik, agar badannya juga sehat.
    
"Ada beragam program gerakan masyarakat hidup sehat, misalnya pemberian ASI eksklusif enam bulan, penimbangan balita teratur setiap bulan. Posyandu di kediri juga banyak, bahkan di setiap kelurahan ada. Ini juga termasuk posyandu lansia," katanya di sela-sela acara yang digelar di Stadion Brawijaya, Kediri, Minggu.
     
Ia mengatakan, penggunaan air bersih juga harus menjadi perhatian tersendiri untuk warga. Mereka juga dianjurkan untuk mencuci tangan setiap saat, termasuk memanfaatkan jamban yang sehat. Pemberantasan sarang nyamuk juga dianjurkan untuk menjauhkan dari berbagai penyakit yang ditimbulkan karena nyamuk, seperti demam berdarah.
     
"Makan sayur, buah itu juga membuat tubuh sehat. Aktivitas fisik setiap hari juga sehat, dengan bergerak tidak naik sepeda motor," katanya.
     
Pemerintah, kata dia, juga berupaya keras untuk menciptakan gerakan masyarakat hidup sehat. Di beberapa jalan protokoler wilayah kota, juga sudah dibuatkan jalur khusus untuk pengendara sepeda, sehingga mereka bisa merasa nyaman saat memanfaatkan jalur itu.
     
Selain itu, kegiatan jalan sehat, sepeda santai, juga sering diadakan di kota ini. Kegiatan itu diharapkan semakin meningkatkan gaya hidup sehat masyarakat. Terlebih lagi, indeks pembangunan manusia di kota ini juga sudah meningkat luar biasa. Salah satunya, ada bidang kesehatan yang turut serta membuat program kesehatan. 
     
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri Fauzan Adima mengatakan gerakan masyarakat hidup sehat itu itu bagian dari program pemerintah. Masyarakat dijauhkan dari berbagai macam ancaman penyakit degeneratif atau yang tidak menular. Penyakit itu misalnya darah tinggi, jantung, dan beragam penyakit lainnya. 
     
"Masyarakat harus hidup sehat, dijauhkan dari penyakit degeneratif atau yang tidak menular. Secara umum, nasional ada kecenderungan gaya hidup tidak sehat, misalnya makan makanan siap saji, bahkan ada istilah generasi micin. Ini salah satu satunya, karena jarang olahraga. Jadi, kami galakkan lagi," katanya.
     
Dalam acara tersebut, selain sosialisasi tentang gerakan masyarakat hidup sehat, juga ada pawai yang diikuti dari berbagai macam lembaga maupun instansi, baik pemerintah atau swasta. Mereka mengenakan beragam atribut yang isinya ada sayur serta buah-buahan. 
     
Kegiatan pawai itu diikuti puluhan lembaga. Mereka jalan kaki mulai dari Stadion Brawijaya, Kediri, hingga Balai Kediri. Di setiap kesempatan, para peserta juga selalu melakukan atraksi yang isinya mengajak untuk gaya hidup sehat. (*)
Video Oleh Asmaul Chusna

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017