Surabaya (Antara Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menggelar sosialisasi persiapan pemilu menjelang Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di salah satu hotel di Surabaya, Kamis.
     
"Tahapan pemilu sebenarnya sudah mulai berjalan sejak Agustus lalu, dengan sudah berjalanya tahapan pemilu ini KPU Surabaya bergerak cepat menggelar sosialisasi agar diketahui masyarakat Surabaya," kata Ketua KPU Kota Surabaya, Nur Syamsi.

Syamsi berharap media massa juga ikut mensosialisasikan hal ini ke semua masyarakat di Kota Surabaya. Hal ini dilakukan agar warga Surabaya mengetahui dan turut mengawasi bahwa tahapan pemilu 2019 sudah mulai berjalan.

Namun untuk pemilu 2019, lanjut dia, dirinya menjelaskan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilih masih belum masuk. Namun, untuk pilkada 2018, Daftar Penduduk Pemilih Potensial (DP4) sudah diserahkan Kemendagri ke KPU RI pada 27 November 2017.

"Untuk 26-29 Desember yang DP4 untuk pilkada nanti akan diserahkan ke KPU kabupaten/kota untuk dillakukan coklik (pencocokan dan penelitian) mulai  20-18 Februari," katanya.

Ia menambahkan data terakhir yang masuk di KPU kota Surabaya untuk DPT berjumlah 2.136.000 jiwa. Namun, lanjut dia, itu nantinya akan diferivikasi kembali pada  20 Januari-18 Februari 2018.

"Entah nanti DPT itu bertambah atau berkurang akan ditetapkan pada 14-19 bulan Juli 2018," katanya.***2***

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017