Pamekasan (Antara Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur akhirnya mencoret pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan 2018 Marzuki dan Hariyanto Waluyo dari unsur perseorangan, karena tidak memenuhi syarat minimal dukungan.

"Kedua pasangan calon Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan ini diketahui tidak memenuhi prasyarat batas minimal dukungan, setelah kami melakukan penelitian berkas yang diajukan keduanya ke KPU Pamekasan," kata Ketua KPU Pamekasan Moh Hamzah kepada Antara di Pamekasan, Sabtu malam.

Sesuai dengan berita acara Nomor: 81/PK.01-BA/3528/KPU-KAB/XI/2017 tertanggal 30 November 2017 disebutkan, bahwa hasil verifikasi administrasi jumlah minimal dukungan dan sebaran dukungan pasangan calon serta sebarannya adalah sebagai berikut.

Pertama, jumlah dukungan yang terdapat dalam hardcopy Model B-I-KWK perseorangan sebanyak 37.302 orang dan tersebar 100 persen di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan atau sebanyak 13 kecamatan, serta dinyatakan kurang dari jumlah minimal dukungan.

Kedua, jumlah fotocopy identitas kependudukan atau surat keterangan dari Dinas KependudukanCatatan Sipil yang menjadi lampiran formulir Model B-1 KWK perseorangan sebanyak 43.605 pendukung, serta dinyatakan kurang dari jumlah minimal dukungan.

Ketiga, jumlah dukungan yang terdapat dalam softcopy formulir model B.1 -KWK perseorangan sebanyak 51.311 orang dan tersebar di 100 persen kecamatan di Kabupaten Pamekasan atau sebanyak 13 kecamatan.

"Jadi, berdasarkan hasil penelitian sebagaimana tersebut pada poin 1 dan 2, dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan dinyatakan tidak memenuhi syarat," ujar Hamzah.

Dengan demikian, sambung dia, maka penyerahan syarat dukungan dari Bakal Calon Persorangan tersebut dinyatakan tidak memenuhi syarat dan dikembalikan pada bakal calon yang bersangkutan.

Ketua KPU menjelaskan, verifikasi atau pencocokan jumlah berkas administrasi dukungan bagi calon perseorangan ini, dilakukan petugas administrasi KPU Pamekasan sejak malam terakhir pendaftaran, disaksikan oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pamekasan dan perwakilan bakal calon. (*)
Video Oleh Abdul Aziz

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017