Madiun (Antara Jatim) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun menggratiskan para anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) untuk naik kereta api pada tanggal 10 November 2017. 

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Supriyanto, Rabu, mengatakan program naik kereta gratis pada tanggal 10 November tersebut dalam rangka peringatan Hari Pahlawan. 
     
"Selain itu juga sebagai bentuk penghargaan PT KAI atas jasa-jasa perjuangan para veteran di masa penjajahan dulu dalam merebut kemerdekaan Indonesia," ujar Supriyanto kepada wartawan.
     
Menurut dia, naik kereta gratis bagi para anggota veteran di Hari Pahlawan tersebut berlaku untuk keberangkatan KA komersial dan nonkomersial jarak jauh serta jarak menengah pada Jumat, 10 November 2017.
     
Adapun untuk menikmati program tersebut, tiket gratis hanya bisa diperoleh dengan melakukan pemesanan atau pembelian langsung di loket stasiun keberangkatan. 
     
"Saat pemesanan atau pembelian tiket KA, calon penumpang wajib memberikan fotokopi kartu tanda anggota LVRI kepada petugas," kata dia. 
     
Kemudian, pada saat "boarding", penumpang anggota veteran yang telah memiliki tiket wajib menunjukkan kartu tanda anggota LVRI yang asli kepada petugas boarding untuk dapat masuk ke dalam stasiun.
     
"Tiket yang diperoleh tidak dapat diubah jadwal dan tidak dapat digabung dengan reduksi atau diskon lainnya," katanya.
     
Sementara, bagi veteran yang sudah membeli atau memiliki tiket dengan tarif reduksi pada tanggal keberangkatan 10 November, maka biaya tiketnya akan dikembalikan 100 persen di stasiun kedatangan dengan tetap menunjukkan kartu anggota LVRI.
     
"Adapun maksimal waktu pengembalian biaya 100 persen adalah tiga hari setelah jadwal kedatangan KA penumpang yang bersangkutan," ungkapnya.
     
Supriyanto menambahkan, di luar tanggal 10 November, PT KAI tetap memberlakukan tarif reduksi untuk anggota LVRI yang selama ini diterapkan yaitu sebesar 50 persen pada hari Selasa sampai Kamis kecuali hari besar/hari libur nasional lainnya dan hari-hari ramai yang ditetapkan oleh perusahaan.
     
Serta tarif reduksi 30 persen setiap hari Jumat hingga Senin. Pihaknya berharap kemudahan-kemudahan yang disediakan oleh PT KAI (Persero) tersebut dapat dinikmati para anggota veteran. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017