Surabaya (Antara Jatim) - Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) Jawa Timur mengajak kaum perempuan berwirausaha melalui kuliner sekaligus memperkenalka Jatim ke masyarakat luas.

"Memperkenalkan Jatim ke wisatawan bisa melalui apa saja, salah satunya kuliner," ujar Ketua Umum BKOW Jatim Fatma Saifullah Yusuf kepada wartawan di Surabaya, Rabu.

Berdasarkan data yang dimilikinya, prosentase perempuan sebagai pengusaha 41,44 persen, sedangkan laki-laki 58,66 persen yang berarti membuktikan adanya peluang sehingga berani berdaya saing.

Menurut dia, berbagai tentangan yang dihadapi seorang wirausaha akan menjadikan pikiran terlatih sehingga dibutuhkan mental baja, ketangguhan serta kecerdasan dalam berpikir.

Memulai suatu usaha, kata dia, harus diawali dengan ide usaha, di antaranya produk atau jasa yang akan dijual, kepada siapa akan dijual, bagaimana penjualan produknya dan kebutuhan pelanggan mana yang bisa dipenuhi dari usahanya.

"Untuk selalu diingat bahwa seorang wirausaha harus menentukan sumber daya apa yang menjadi faktor penentu paling utama untuk meraih kesuksesan pasar," ucapnya.

Istri Wagub Jatim tersebut juga mengaku optimistis kuliner merupakan kebutuhan utama semua kalangan yang tidak semua orang memiliki kemampuan sehingga permintaan menjadi kebutuhan primer segala lapisan masyarakat.

Karena itulah diperlukan pelatihan agar bisa menumbuhkan inspirasi dalam menciptakan beragam kreativitas kuliner sehingga bisa dimanfaatkan untuk menciptakan peluang baru.

Dengan demikian, lanjut dia, tak hanya untuk potensi mengangkat perekonomian, namun bisa mewujudkan kemandirian usaha, memperluas kesempatan kerja dan usaha, penciptaan lapangan kerja, serta dapat memenuhi kebutuhan pasar dan masyarakat.

"Kaum perempuan bisa berbuat dan menjadi pelaku usaha. Diawali dari pelatihan, kemudian membuka usaha dan membantu perekonomian nasional," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017