Surabaya (Antara Jatim) - Perseroan Terbatas Kereta Api Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya memfasilitasi sebanyak 64 tempat duduk bagi penumpang dengan keterbatasan fisik (Difabel) di KA Jayakarta Premium, atau kereta baru yang akan diluncurkan, Kamis (28/9).

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Gatut Sutiyatmoko di Surabaya, Rabu mengatakan rangkaian KA baru itu merupakan perubahan nama dari awalnya KA Gaya Baru Malam Selatan (GBMS) Premium menjadi KA Jayakarta Premium relasi Pasarsenen-Surabaya Gubeng PP.

"Perubahan itu kami mulai tanggal 28 September 2017 dimana bertepatan dengan HUT ke-72 Kereta Api, dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) menetapkan kebijakan tersebut," kata Gatut.

Ia mengatakan, kebijakan itu dilakukan dalam rangka pembaruan terhadap kereta api jenis premium, sehingga dapat meningkatkan animo masyarakat menggunakan layanan kereta api tersebut.

Selain itu, rangkaian KA yang terdiri dari delapan unit dengan kapasitas masing-masing 80 tempat duduk itu, juga ditambahi dengan dua unit gerbong kereta penumpang difabel berkapasitas 64 tempat duduk di masing-masing gerbong keretanya.

"Sehingga, apabila ditotal kapasitas dalam 1 kali perjalanan adalah 768 tempat duduk untuk semua penumpang," tuturnya.

KA Jayakarta Premium, kata Gatut, berangkat dari Stasiun Pasarsenen pukul 13.20 WIB dan tiba di Stasiun Surabaya Gubeng pukul 03.47 WIB. 

Sebaliknya dari Stasiun Surabaya Gubeng pukul 15.00 WIB dan tiba di stasiun akhir Pasarsenen pukul 05.30 WIB.

Sementara itu, untuk pemesanan tiket bisa dilakukan melalui beberapa laman yang disediakan, seperti kereta-api.co.id, tiket2.kereta-api.co.id dan tiket3.kereta-api.co.id. 

Selain itu, masyarakat juga bisa memesan tiket lewat aplikasi pemesanan yang bekerja sama dengan pihak swasta, sepertiTraveloka, Trivago atau Pegipegi.com.(*)


Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017