Pamekasan (Antara Jatim) - Anggota DPRD Pamekasan, Jawa Timur dari Partai Amanat Nasional (PAN) Moh Hosnan Achmadi mendorong pemkab setempat agar melakukan pembinaan dan mengembangkan bisnis dalam jaringan (daring), guna meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah itu.

"Tren tentang bisnis 'online' akhir-akhir ini kian marak, dan ini harus dimanfaatkan secara optimal oleh Pemkab Pamekasan agar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya kepada Antara, Rabu.

Hosnan yang juga Ketua Komisi III DPRD Pamekasan ini lebih lanjut menjelaskan, di era keterbukaan informasi seperti sekarang ini, bisnis daring semakin konpetitif. Ia mencontohkan seperti bisnis transportasi gojek, dan berbagai jenis toko daring lainnya.

Pamekasan, sambung Hosnan, banyak memiliki potensi, baik berupaya hasil kerajinan rumah tangga masyarakat, maupun jenis kerajinan lainnya dari kelompok usaha mikro, kecil dan menengah.

Hanya saja, hasil kerajinan warga Pamekasan itu, belum bisa dipasarkan secara luas, sehingga penjualan dari hasil kerajinan mereka hanya untuk masyarakat sekitar.

"Padahal jika hasil kerajinan dan keterampilan masyarakat itu bisa dipasarkan lebih luas seperti memanfaat media online, kami yakin bisa menambah penghasilan mereka," katanya.

Oleh karenanya, Hosnan mendorong Pemkab Pamekasan bisa memfasilitasi para pengrajin yang ada di Pamekasan itu, agar mereka bisa memasarkan hasil kerajinannnya melalui internet.

Ia menjelaskan, di Pamekasan memang sudah ada pengrajin dan pengusaha yang memulai memasarkan usahanya secara daring, namun jumlahnya masih sangat sedikit.

"Salah satunya, sebagian pengusaha batik tulis dan jamu asli Madura," katanya, menjelaskan. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017