Kediri (Antara Jatim) - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyerahkan bantuan untuk Sanuri, seorang veteran perang, warga Kelurahan Ngronggo, Kota Kediri, Jawa Timur, dalam rangka peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI.

Panitia acara Eko Nugroho mengemukakan warga sangat senang dengan kedatangan Wali Kota Abdullah Abu Bakar. Dalam kesempatan itu, Wali Kota berharap bantuan ini bisa bermanfaat. 

Sanuri adalah veteran perang. Walaupun ia mempunyai rumah, kehidupannya juga membutuhkan perhatian warga. Di usinya yang sudah tua, ia tinggal seorang diri. 

"Wali kota berpesan bantuan tersebut bisa bermanfaat. Ini juga sekaligus penghargaan pada veteran," kata Eko di Kediri, Minggu malam.

Acara tersebut digelar di sebuah lahan kosong yang ada di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Kediri. Selain penyerahan bantuan berupa tali asih pada veteran perang, sejumlah kegiatan lain juga digelar misalnya potong tumpeng, beragam lomba tari, serta pentas seni.

Eko menyebut, kegiatan ini juga dimotori para pemuda setempat yang tergabung dalam komunitas pemuda jalan perintis kemerdekaan (KPJK) Kelurahan Ngronggo, Kecamatan Kota, Kediri. Kegiatan ini sebagai salah satu wujud adanya kerjasama yang bagus dan kekompakan antarwarga.

"Ini adalah salah satu bukti nyata, saatnya para pemuda bangkit untuk bisa lebih kreatif, sehingga mampu bersaing demi mewujudkan masa depan yang lebih baik," katanya.

Lebih lanjut, ia juga berharap pemerintah ke depannya juga lebih memberikan kesempatan pada para pemuda untuk berkreasi, sehingga ikut menyumbang pembangunan Kota Kediri. 

Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Triyono Kutut Purwanto mengatakan di bulan kemerdekaan, Agustus 2017 ini, pemerintah kota sudah menyiapkan bantuan untuk para veteran. Pemerintah kota memberikan tali asih pada 11 veteran yang ada di kota ini.
     
"Ini sesuai koordinasi dengan pengurus veteran. Ada beberapa anggota yang perlu mendapatkan bantuan dan itu juga sesuai program pemerintah yang memang peduli pada veteran," katanya.
     
Triyono juga menambahkan, jumlah veteran yang mendapatkan tali asih pada 2017 ini juga naik ketimbang pemberian pada 2016, dimana saat itu pemerintah kota memberikan bantuan hanya pada sembilan veteran. Bantuan yang diberikan juga beragam, tergantung pengajuan. 
     
Ia mengatakan, para veteran itu mendapatkan bantuan berupa beragam tali asih seperti kursi roda, bahan pokok, serta uang tunai. Beberapa juga ada yang mengajukan untuk mendatkan alat bantu dengar, sebab mayoritas para veteran tersebut sudah berusia lanjut. 
     
Triyono menambahkan, pemberian bantuan tersebut juga wujud dari komitmen Wali Kota pada veteran. Pemerintah kota sangat menghargai perjuangan para pahlawan yang telah ikut membela NKRI dan mengusir penjajah, hingga saat ini Indonesia sudah merdeka. 
     
Selain memberikan bantuan pada veteran, pemerintah kota juga memberikan bantuan untuk organisasi yang mengayomi para veteran. Namun, anggaran yang disiapkan berapa, ia masih belum memutuskan, sebab masih dibahas melalui perubahan anggaran keuangan (PAK) APBD 2017. 
     
"Itu komitmen pak Wali Kota. Jadi, kami menghormati veteran, meneladani, juga memberikan hibah melalui organisasi," katanya. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017