Bangkalan, (Antara Jatim) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Madura, Jawa Timur menanam sedikitnya 500 pohon mangrove di pesisir Desa Ujung Piring Kabupaten Bangkalan, guna melestarikan pesisir pantai dari ancaman abrasi.

Acara tersebut bekerjasama dengan organisasi peduli lingkungan Persada Raya naungan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bangkalan. 

Dalam acara itu, sekitar 200 orang terjun dalam menanam pohon mangrove, dan peserta terdiri dari sekolah-sekolah Adhiwiyata se-Kabupaten Bangkalan serta dihadiri Anggota Kodim dan Polres Bangkalan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura, Guguk Heru Triyoko dalam rilis yang disampaikan kepada Antara, Rabu, menjelaskan, acara itu telah digelar beberapa hari lalu, dan merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Institusi kepada masyarakat setempat.

"BPJS Ketenagakerjaan ini badan publik milik negara, jadi harus memberikan sesuatu yang lebih kepada negara, salah satunya lewat kegiatan peduli lingkungan semacam ini," ujar Guguk. 

Ia berharap mangrove yang ditanam dapat tumbuh dan bermanfaat langsung bagi masyarakat Desa Ujung Piring misalnya untuk pencegahan abrasi.

Program bertema Greeneration ini sudah kali kedua dilaksanakan BPJS Ketenagakerjaan Madura. Jika sebelumnya dilakukan penanaman pohon, kali ini mencoba sesuatu yang beda yaitu penanaman mangrove. 

BPJS Ketenagakerjaan ingin memberikan manfaat lebih untuk masyarakat, diluar tiga program Jaminan Sosial yang dimilikinya. 

"Jadi biar BPJS Ketenagakerjaan nggak dikenal masyarakat karena program Jaminan Kecelakaan Kerja atau Jaminan Hari Tua nya saja, tapi juga dikenal karena program tanggungjawab sosial lingkungannya," ujar Guguk. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017