Surabaya (Antara Jatim) - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf memaparkan potensi Jatim di hadapan perwakilan peserta didik Sekolah Pimpinan Tinggi (Sespimti) Polri dan TNI di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Selasa.

"Jatim adalah provinsi yang penduduknya terbanyak kedua dan memiliki kabupaten/kota terbanyak di Indonesia sehingga potensinya sangat tinggi," ujarnya di hadapan peserta Sespimti yang sedang melakukan kegiatan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN).

Untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera, kata dia, Pemprov Jatim menerapkan tiga strategi, yakni reformasi birokrasi, infrastruktur dan pengembangan sumber daya manusia.

Gus Ipul, sapaan akrabnya, merinci di bidang reformasi birokrasi metode yang digunakan merupakan perpaduan regulasi, SDM, teknologi informasi, dan kontrol.

Kemudian, untuk pengembangan SDM Pemprov Jatim fokus pada pendidikan dan kesehatan dengan cara menerapkan program pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar sembilan tahun, pendidikan menengah, dan pendidikan khusus.

Sedangkan, kata dia, di sektor kesehatan di antaranya penurunan angka kematian ibu dan angkay kematian bayi, penurunan HIV, dan peningkatan kualitas taman Posyandu.

"Jika target pada bidang pendidikan dan kesehatan ini tercapai maka Indek pembangunan manusia (IPM) ikut meningkat sehingga SDM semakin produktif dan pertumbuhan ekonomi tumbuh," ucapnya.

Sementara itu, koordinator rombongan peserta didik Sespimti Irjen Pol Wilmar Marpaung menyampaikan peserta didik Sespimti Polri angkatan 26 diikuti 61 perwira menengah yang terdiri dari 56 perwira menengah Polri berpangkat Komisaris Besar Polisi, dua orang Pamen TNI AD, dua orang Pamen TNI AL, dan satu orang Pamen TNI AU masing-masing berpangkat kolonel.

"Tujuan pelaksanaan KKDN agar para petinggi mendapat informasi sesuai data yang diterima dan bisa dipraktikkan usai Sespimti," katanya.

Khusus kegiatan kali ini, lanjut dia, pihaknya memfokuskan di perkembangan ekonomi dan dampaknya terhadap keamanan maupun ketertiban masyarakat.

KKDN digelar di enam provinsi yang kepolisian daerahnya bertipe A, yakni Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. (*)
Video oleh: Fiqih Arfani

Pewarta: Fiqih Arfani/ Nandita anggraeni wulansari

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017