Jember (Antara Jatim) - Sebanyak 1.750 anak dibawah lima tahun (balita) di Kabupaten Jember, Jawa Timur masuk kategori berat badannya di bawah garis merah (BGM) dalam Kartu Menuju Sehat (KMS) dan 342 balita di antaranya masuk kategori kritis atau yang biasa disebut gizi buruk.

"Dari total sekitar 8.000 balita kurang gizi, tercatat 1.750 balita yang masuk kategori BGM yang menjadi fokus perhatian pemerintah dan 342 balita di antaranya yang masuk kategori kritis," kata Kepala Dinas Kesehatan Jember Siti Nurul Qomariyah dalam rapat dengar pendapat di DPRD Jember, Jumat.

Menurutnya penentuan gizi tersebut ada dua cara pengukuran, yakni berat badan per umur yang dapat dilihat berat badan anak dibandingkan dengan umur melali Kartu Menuju Sehat (KMS). 

"Apakah gizinya kurang, cukup, atau buruk, di Bawah Garis Merah (BGM), di Bawah Garis Titik-titik (BGT), atau di Daerah Garis Hijau (DGH), kemudian yang menjadi perhatian pemerintah adalah yang BGM," tuturnya.

Ia mengatakan pengukuran penentuan gizi yang lain adalah dengan mengukur tinggi badan per umur (TB/U) dan terkait informasi yang beredar di media itu yang disampaikan adalah pengukuran TB/U. 

"Hal itu menjadi PR pemerintah untuk dilakukan terapi dan tercatat sebanyak 150 balita di Jember yang sudah melakukan terapi," katanya. 

Apabila sampai terjadi marasmus (kurus kering) atau kurus bengkak pada balita yang dibawah garis merah, maka dilakukan  perawatan pemulihan selama 3 bulan atau 90 hari.

"Tercatat 2,3 persen dari penduduk Jember yang mengalami gizi buruk karena kurangnya asupan makanan bergizi, sehingga untuk mengatasinya balita penderita gizi buruk akan menjalani terapi selama 3 bulan dengan diberikan asupan makanan bergizi untuk pemulihan," ujarnya.

Berdasarkan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang direlease di Jakarta beberapa waktu lalu menyebutkan enam kabupaten di Jawa Timur dinilai kronis masalah gizi buruk yakni Kabupaten Probolinggo, Sampang, Bangkalan, Jember, Sumenep, dan Lamongan.

Kabupaten Bangkalan sebanyak 3.247 balita, Kabupaten Probolinggo sebanyak 4.657 balita, Lamongan 4.403 balita, Sumenep sebanyak 3.319 balita, Sampang sebanyak 3.537 balita, dan Jember sebanyak 8.035 balita. (*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017