Pamekasan (Antara Jatim) - Pihak Gereja Katolik Maria Ratu Para Rasul Pamekasan, Jawa Timur menyediakan parkir khusus bagi kendaraan umat Islam di halaman gereja itu, yang hendak menunaikan Shalat Idul Fitri di masjid Agung As-Syuhada setempat.

"Gereja Katolik menyediakan parkir gratis di halaman gereja bagi mereka yang akan menunaikan shalat ibadah Idul Fitri," demikian pengumuman yang dipasang di pintu masuk gereja itu, Minggu pagi.

Menurut Romo di Gereja Katolik Maria Ratu Para Rasul itu Damianus Fadjar Tedjo Soekarno, selain menyediakan parkir gratis bagi jamaah masjid As-Syuhada yang menunaikan ibadah Shalat Idul Fitri, pihaknya juga menunda pelaksanaan misa.

"Khusus misa yang biasanya digelar Minggu pagi, kami pindah di Sabtu sore kemarin," ujarnya.

Ia menjelaskan, biasanya misa katolik setiap hari Minggu digelar pagi dan sore.

"Maka demi menghormati umat Islam yang merayakan Idul Fitri, misa di hari Minggu kami gelar pada sire hari saja," katanya, menambahkan.

Jarak antara Gereja Katolik dengan Masjid Agung As-Syuhada Pamekasan itu, tergolong dekat, yakni antara 800 hingga 700 meter saja.

Setiap Hari Raya, baik Hari Raya Idul Fitri maupun Hari Raya Idul Adha, jamaah muslim yang melaksanaan Shalat Id di masjid terbesar se-Pamekasan itu, hingga di depan gereja.

Bahkan pada pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriah, barisan jamaah yang Shalat Id di masjid itu hingga didepan dan disamping pagar Gereja.

"Itulah yang mendasari kami, mengapa jadwal misa Minggu pagi digeser. Kalau misa itu kan memang kegiatan rutin, sedangkan sudara kita yang muslim kan hanya sekali dalam setahun, dalam merayakan Idul Fitri ini," kata Romo Damianus Fadjar Tedjo Soekarno, menjelaskan. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017