Pamekasan (Antara Jatim) - Kesucian Lebaran pada 1 Syawal 1438 Hijriah di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu malam, ternoda pesta musik dugem oleh sebagian kelompok pemuda, meski jauh hari sebelumnya pemkab telah mengimbau agar tidak melakukan itu.

Aksi pesta musik dugem, yakni musik yang biasa diputar di tempat hiburan malam ini, yang dilakukan kelompok pemuda itu, salah satunya seperti di Jalan Pintu Gerbang atau sekitar Pasar 17 Agustus Kelurahan Bugih, Pamekasan.

Para pemuda ini awalnya takbir keliling dengan menggunakan kendaraan bak terbuka. Namun, setelah itu berubah memutar musik digem, sambil berjoget ria. 

"Ini sangat tidak pantas dan mengganggu kesucian Lebaran. Banyak umat Islam sedang mengumandangkan takbir malah mereka memutar musik dugem," protes warga setempat, Fariz Chalid.

Kelompok pemuda yang berpesta musik dugem sambil berjoget ria dengan mobil bak terbuka dan sebagian dengan mobil truk itu, menggunakan pengeras suara yang memekakkan telinga.

Berdasarkan pantauan Antara di Pamekasan, pesta dugen di Jalan Pintu Gerbang, Kelurahan Bugih, Pamekasan itu, merupakan sebagian dari kelompok pemuda yang menggelar kegiatan serupa.

Sebelumnya Polres Pamekasan telah menyita sebagian peralatan dan mobil yang digunakan mereka di pos pantau mudik Lebaran.

"Itu mungkin kelompok lain. Tapi petugas telah menyita sound system yang digunakan memutar musim dugem itu," ujar Kapolres Pamekasan AKBP Nuwo Hadi Nugroho, menjelaskan.

Pemkab Pamekasan, sebenarnya telah mengupayakan agar keberadaan kelompok pemuda yang biasa menggelar pesta musik dugem setiap malam takbiran itu bisa diarahkan kepala kegiatan positif lainnya.

Salah satunya dengan cara menggelar lomba takbir keliling berhadiah sebagaimana digelar di masing-masing kecamatan di Kabupaten Pamekasan, Sabtu (24/6) malam.

Hanya saja, tidak semua warga mengikuti upaya Pemkab Pamekasan, dan pesta musik dugem ditemukan masih digelar di malam takbiran saat ini. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017