Madiun (Antara Jatim) - Kepala UPTD Terminal Purbaya Kota Madiun Hari Suhardono memprediksi akan ada sekitar 700 unit bus per hari yang masuk terminal tipe A tersebut selama masa angkutan Lebaran tahun 2017 berlangsung. 
     
"Diperkirakan, saat arus mudik dan balik lebaran, akan ada sekitar 700 bus yang masuk ke Terminal Madiun setiap harinya," ujar Hari kepada wartawan, Sabtu.
     
Menurut dia, sesuai data, jumlah armada bus yang masuk ke Terminal Purbaya Madiun setiap harinya saat hari biasa dan akhir pekan berkisar antara 400 hingga 500 unit.
     
"Itu untuk semua jenis bus. Baik bus antarkota antarprovinsi (AKAP) maupun antarkota dalam provinsi (AKDP)," kata dia.
     
Peningkatan tersebut, lanjut dia, seiring dengan tingginya kebutuhan masyarakat akan moda transportasi bus saat masa angkutan lebaran. 
     
Rata-rata bus yang masuk adalah jurusan Surabaya-Madiun-Yogyakarta, Malang-Madiun-Ponorogo, Madiun-Ngawi-Bojonegoro, Madiun-Magetan, dan Madiun-Jakarta.
     
Untuk yang jurusan Madiun-Jakarta dan Madiun-Bandung biasanya akan ada penambahan saat memasuki arus balik nanti.
     
Ia menjelaskan, memasuki masa angkutan lebaran, pihaknya telah melakukan sejumlah perbaikan sarana dan prasarana terminal.
     
"Di antaranya dengan memperbaiki landasan pacu bus yang masuk, pengecatan ulang sejumlah ruangan, dan lainnya," kata dia.
     
Pihaknya memastikan, pada H-10 ataupun maksimal pada H-7, Terminal Purbaya Kota Madiun telah siap menerima pemudik dan armada masa angkutan lebaran.
     
Untuk lebih memaksimalkan pelayanan, pihaknya bersama instasnsi terkait telah mendirikan pos pelayanan terpadu di terminal setempat. 
     
Pos tersebut melayani keamanan, layanan informasi, layanan kesehatan, dan lainnya yang berhubungan dengan masa angkutan lebaran. (*)
     
     

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017