Surabaya (Antara Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melalukan sosialisasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah serentak di Provinsi Jawa Timur yang resmi diberlakukan mulai Juni tahun ini.

"Total ada 18 Pilkada kabupaten/kota dan satu lainnya adalah Pilkada Provinsi Jatim yang digelar secara serentak sehingga sosialisasi sangat perlu segera dilakukan," ujar Ketua KPU RI Arief Budiman kepada wartawan di sela sosialisasi di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Jumat.

Pada kesempatan tersebut, KPU RI memastikan bahwa pelaksanaan hari pemungutan suara di 19 Pilkada serentak di Jatim digelar pada Rabu, 27 Juni 2018.

Selain itu, berdasarkan Peraturan KPU nomor 1/2017 tentang Program dan Jadwal Pilkada yang sudah dikeluarkan, pada Agustus 2017 akan mulai dilakukan pemutakhiran data pemilih, kemudian Desember 2017 dibuka pendaftaran calon perseorangan.

Berikutnya, kata dia, pada 8-10 Januari 2018 dibuka pendaftaran calon yang diusung partai politik maupun gabungan partai politik, sebulan kemudian atau 12 Februari 2018 akan dilakukan penetapan pasangan calon.

"Lantas tiga hari kemudian mulai 15 Februari 2018 akan mulai kampanye yang diselenggarakan selama hampir lima bulan hingga 23 Juni. Sedangkan, 24-26 Juni adalah masa tenang," ucap mantan komisioner KPU Jatim tersebut.

Tak itu saja, pada masa rekapitulasi hasil pemungutan suara dilakukan paling lama 14 hari setelah hari pencoblosan, dan tiga hari berikutnya sudah bisa ditetapkan pemenang Pilkada.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengaku sosialisasi ini sangat penting bagi daerah-daerah yang akan melaksanakan Pilkada sehingga bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Menurut dia, meski masih setahun lagi digelar, namun tahapan Pilkada yang sudah dimulai bulan ini membuat seluruh pihak tidak bisa santai dan berdiam diri.

"Domainnya berbeda-beda antara KPU dan Pemerintah, yaitu KPU menyiapkan seluruh tahapan mulai sosialisasi hingga proses setelah pelaksanaan, sedangkan Pemerintah menyiapkan anggarannya," kata Gus Ipul, sapaan akrabnya. (*)
Video Oleh: Fiqih Arfani


Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017