Surabaya (Antara Jatim) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur saat ini menyiapkan program beasiswa 100 persen bagi seluruh siswa sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan (SMA/SMK) di wilayah setempat.

"Sekarang ini kami sedang berhitung, tapi rasa-rasanya cukup dan sangat mungkin program itu diberlakukan di sini," ujar Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf kepada wartawan di Surabaya, Selasa.

Gus Ipul, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa salah satu skema untuk mewujudkan  beasiswa tersebut adalah dengan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota sehingga segera teralisasi.

"Yang jelas kami menyiapkan beberapa skema untuk mewujudkannya, tapi dengan menggandeng kabupaten/kota maka itu sangat mungkin dan optimistis tercapai," ucap orang nomor dua di Pemprov Jatim tersebut.

Program tersebut, kata dia, merupakan bentuk jawaban atas keraguan masyarakat usai pengelolaan dan kewenangan pendidikan sekolah tingkat SMA/SMK di Pemkab/Pemkot diambil alih Pemprov.

"Artinya, Pemprov saat ini sedang mengupayakan program tersebut terealisasi dan pembiayaan siswa SMA/SMK dibebaskan," kata Wagub yang juga salah seorang Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tersebut. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017