Surabaya (Antara Jatim) - Menteri  Ketenagakerjaan RI Hanif Dhakiri dijadwalkan menghadiri peringatan Hari Buruh Internasional di Gelanggang Olahraga Sidoarjo pada Senin, 1 Mei 2017.

"Diperkirakan puluhan ribu buruh akan berkumpul di sana, khusus pekerja di bidang makanan, minuman dan rokok," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Timur Sukardo kepada wartawan di Surabaya, Rabu.

Pihak panitia dari konfederasi serikat pekerja sejumlah elemen sudah menyatakan kesiapannya menggelar acara tersebut, bahkan akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti doa bersama dan pembagian hadiah.

"Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB, dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dijadwalkan mendampingi Hanif Dhakiri yang akan hadir bersama direktur jenderal beserta jajarannya," ucapnya.

Adanya kegiatan di Sidoarjo, kata dia, tidak lepas dari instruksinya ke seluruh Pemerintah Kota/Kabupaten di Jatim agar kegiatan Hari Buruh tak dipusatkan di ibu kota provinsi, namun bisa diselenggarakan di masing-masing daerah.

Selain di Sidoarjo, kegiatan serupa akan digelar di Kabupaten Pasuruan yang dipusatkan di Taman Candra Wilwatikta Pandaan, kemudian di Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Gresik, serta Kota Surabaya.

"Perhatian utamanya memang di daerah ring 1 (Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Pasuruan dan  Kabupaten Mojokerto). Tapi tidak menutup kemungkinan daerah lain juga melaksanakannya," katanya.

Mantan Sekretaris DPRD Jatim itu juga menyampaikan bahwa  serangkaian kegiatan juga digelar di sejumlah tempat, di antaranya bakti sosial, donor darah, pasar murah, dan lainnya.

Secara umum, mantan Kepala Kantor Polisi Pamong Praja Jatim tersebut berharap seluruh kegiatan dalam rangka Hari Buruh Internasional di seluruh daerah berjalan lancar, tertib dan kondusif.

"Kami optimistis Jatim selalu menjadi tempat aman dan nyaman bagi buruh. Termasuk menyelesaikan berbagai persoalan sesuai kewenengannya, mana yang urusan pusat dan mana provinsi," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017