Surabaya (Antara Jatim) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan sejumlah kegiatan tasyakuran dalam rangka memperingati Hari Buruh internasional pada 1 Mei 2017 yang akan dipusatkan di depan Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan Surabaya.

"Ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT sekaligus mendoakan agar buruh di Jatim semakin sejahtera," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Timur, Sukardo, kepada wartawan di Surabaya, Kamis.

Pada puncak peringatan Hari Buruh, disediakan juga panggung berukuran 15x20 meter lengkap dengan hiburan dan nasi tumpeng raksasa.

Tumpeng tersebut, kata dia, secara simbolis dipotong oleh Gubernur Jatim Soekarwo dan diberikan ke perwakilan buruh, kemudian dipersilakan bersama-sama menikmatinya.

Pihaknya mengaku telah berkoordinasi dengan serikat pekerja sejumlah elemen buruh, serta aparat keamanan dari Polri maupun TNI untuk membantu lancarnya kegiatan tersebut.

Nantinya, lanjut dia, Gubernur Jatim Soekarwo dipastikan menemui buruh sekaligus berdialog menampung aspirasi untuk selanjutnya ditindaklanjuti sesuai kewenangan.

Pejabat forum koordinasi pimpinan daerah seperti Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar juga akan mendampingi gubernur menemui para buruh.

"Diperkirakan buruh yang hadir jumlahnya mencapai ribuan, termasuk dari sejumlah daerah," ucap mantan Sekretaris DPRD Jatim tersebut.

Sementara itu, dalam rangka peringatan Hari Buruh juga dilakukan rapat koordinasi yang akan dilakukan di Mapolda Jatim antara pejabat Forkopimda dan pimpinan serikat pekerja sejumlah elemen buruh pada Jumat malam, 28 Mei 2017.

"Harapannya semua, dengan sinergitas berbagai pihak maka peringatan Hari Buruh di Jatim berjalan lancar, kondusif dan tertib," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017