Bangkalan (Antara Jatim) - Sebanyak 34 lembaga pendidikan tingkat SMP/MTs di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada Mei 2017.

Kasi Kurikulum dan Penilaian pada Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan Risman Iriyanto mengatakan jumlah total lembaga pendidikan SMP/MTs di Kabupaten Bangkalan sebanyak 236 sekolah.

"Namun dari jumlah itu, yang siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer hanya 34 lembaga saja, sedangkan 206 lembaga sisanya belum," katanya di Bangkalan, Senin.

Ke-34 sekolah itu terdiri atas 10 SMP negeri, 20 SMP swasta dan empat MTs negeri dan swasta.

"Dari total 34 Sekolah yang sudah siap melaksanakan UNBK ini, ada yang pelaksanaannya secara mandiri, ada pula yang bergabung," katanya.

Menurut Risman, sekolah yang melakasanakan UNBK mandiri itu, sebanyak lima SMP negeri yakni SMP Negeri 4 Kamal, SMP Negeri 1 Bangkalan, SMP Negeri 2 Bangkalan dan SMP Negeri 5 Bangkalan.

Sedangkan SMP swasta ada tiga sekolah yaitu SMP Nurul Amanah Burneh, SMP Darul Hikmah Burneh dan SMP An Nur Fuadi Bangkalan.

Untuk Madrasah Tsanawiyah, ada dua sekolah yang menggelar UNBK mandiri yakni Madrasah Tsanawiyah Negeri Bangkalan dan Madrasah Tsawaiyah Agung Mulya Sangra Agung.

"Kami juga telah melakukan uji coba pelaksanaan guna mempersiapkan para siswa dalam menghadapi ujian yang sebenarnya," katanya.

Risman menambahkan simulasi pelaksanaan UNBK sudah tiga kali digelar dan terakhir pada 20 hingga 21 Maret 2017.

"Latihan dan simulasi pelaksanaan UNBK ini kami tekankan pada cara penggunaan program aplikasi, sehingga mereka tidak gagap, saat menghadapi ujian yang sebenarnya," katanya, menjelaskan.

Pelaksanaan UNBK SMP/MTs secara nasional serentak dijadwalkan akan digelar selama empat hari yakni pada tanggal 2, 3, 4 dan 8 Mei 2017.

Mata pelajaran yang diujikan meliputi bidang studi Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alama (IPA). (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017