Sidoarjo (Antara Jatim) - Ratusan siswa taman kanak-kanak di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, mengikuti kegiatan jalan sehat dalam rangka memperingati hari lahir ke-71 Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) di kabupaten setempat.

Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin  saat pemberangkatan peserta jalan sehat, Sabtu mengatakan, kegiatan jalan sehat tingkat TK/RA se Cabang Sidoarjo dalam rangka peringatan hari lahir Muslimat NU ini, sangat baik untuk kesehatan.

"Kegiatan ini, selain menyehatkan juga bertujuan untuk mendidik anak-anak sejak masih kecil untuk peduli dengan gerakan pendidikan NU," kata Cak Nur sapaan akrab Wakil Bupati Sidoarjo ini.

Ia mengatakan, sebelum kegiatan dimulai, terlebih dahulu diawali dengan menyanyikan lagu "Hubbul Wathon Minal Iman" yang diikuti seluruh peserta, baik orang tua dan anak-anak yang ikut dalam kegiatan ini.

"Lagu ini mangandung arti cinta tanah air sebagian dari iman, lagu yang diciptakan salah satu pendiri NU yakni KH. Wahab Chasbullah ini menjadi penyemangat bagi semua yang hadir, sejak usia dini sudah diajak untuk cinta tanah air agar anak tumbuh memiliki jiwa nasionalisme," katanya.

Sementara itu, Ketua Muslimat NU Cabang Sidoarjo, Ainun Jariyah mengatakan, jumlah sekolah TK/RA dibawah naungan Muslimat NU Sidoarjo ada 240 dengan jumlah siswanya  lebih dari 12 ribu siswa.

"Kegiatan jalan sehat merupakan satu di antara rangkaian acara yang telah digelar oleh Muslimat NU Sidoarjo memperingati Hari lahir Ke-71 Muslimat NU. Sebelumnya, beragam acara seperti penyuluhan narkoba, seminar kanker serviks atau rahim, dan lain-lain," katanya.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengadakan pelatihan managemen, ekonomi, keorganisasian, dan beragam program kemandirian untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Muslimat NU Sidoarjo.

"Di samping mengadakan pelatihan Aswaja dan ke-NU-an, kami akan mengadakan pelatihan managemen dan ekonomi berbasis perempuan. Dengan demikian, dakwah kami diharapkan dapat diterima masyarakat luas," katanya.

Kegiatan jalan sehat TK/RA Se Cabang Sidoarjo Bersama Muslimat NU di parkir Timur GOR Sidoarjo tersebut diikuti sekolah TK/RA dibawah naungan Muslimat Cabang se kabupaten Sidoarjo.

Pemberangkatan jalan sehat dilepas oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin, SH didampingi istri Ibu Hj. Turidatus Salimah selanjutnya rute jalan sehat yang diikuti ratusan anak TK/RA melewati Jalan Pahlawan-Perumahan Sarinadi-menuju Jalan Lingkar Barat dan berakhir di parkir timur GOR . 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Tanfidziyah NU Cabang Sidoarjo KH. Maskhun, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo Mustain Baladan dan sejumlah lembaga otonom NU seperti Fatayat NU. (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017