Masyarakat mungkin tidak asing dengan hutan pinus yang sering ditemui di sejumlah wilayah sekitar hutan, namun tidak banyak yang tahu hutan pinus bisa menjadi objek wisata yang sangat menarik dan eksotik untuk swafoto (selfie) dan berlibur bersama keluarga.

Ya, hutan pinus yang berada di lereng Gunung Raung atau tepatnya di Desa Sumberbulu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi menjadi salah satu rekomendasi untuk dikunjungi saat liburan bersama keluarga, rekan kerja, atau dengan pasangan kekasih tercinta.

Objek wisata yang dibuka pada Oktober 2016 menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kabupaten Banyuwangi yang semakin dilirik oleh wisatawan karena keunikan tempat dan lokasinya yang sangat eksotik untuk berselfie ria.

Kawasan objek wisata itu seluas 7 hektare dari total areal hutan pinus di Kecamatan Songgon sebanyak 97 hektare, sehingga tidak mengganggu fungsi hutan sebagaimana mestinya dan pengunjung tetap diminta untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Lokasi hutan pinus dengan beragam keunikan mulai aksesoris payung, lampion warna-warni, rumah pohon dan berbagai ayunan untuk bersantai membuat wisatawan semakin betah berkunjung karena berada di lereng Gunung Raung yang udaranya cukup sejuk dan segar.

Ketua Pengembangan Ekonomi Kretif dan Wisata LMDH "Rimba Ayu" Yusuf Sugiono mengatakan pihaknya ingin memberdayakan masyarakat di sekitar hutan yang memiliki pekerjaan menyadap getah karet.

"Kami ingin memberdayakan masyarakat sekitar hutan untuk meningkatkan perekonomian mereka, tanpa harus merusak ekosistem karena konsepnya wisata alam," tuturnya.

Ke depan, lanjut dia, pihak pengelola ingin mendirikan pusat penelitian tentang pinus dan berbagai hal yang berkaitan dengan pinus akan dikemas semacam museum pinus di kawasan hutan setempat.

"Objek wisata ini bisa menjadi sarana edukasi tentang pinus dan mengajak masyarakat untuk tetap menjaga konservasi hutan dan tanaman,"ujarnya.

Objek wisata Hutan Pinus Songgon terbilang lengkap untuk ukuran tempat wisata alam karena ada beberapa fasilitas seperti area parkir, toilet, warung, area camping dan beberapa tempat duduk untuk menikmati pemandangan alam dengan tiket yang cukup murah Rp5.000 untuk setiap wisatawan.

Bahkan wisatawan bisa menikmati naik kuda untuk berkeliling di hutan pinus tersebut dengan tarif Rp15.000 sekali jalan, sehingga dapat memanjakan wisatawan untuk melihat panorama hutan yang asri tersebut.

Nah bagi anda yang ingin berlibur bersama keluarga dengan berselfia ria dan menikmati udara sejuk lereng Gunung Raung, tidak ada salahnya berkunjung ke objek wisata Hutan Pinus Songgon Banyuwangi tersebut.(*)
Video oleh: Hamka

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017