Surabaya (Antara Jatim) - Erlangga Satriagung terpilih secara aklamasi sebagai ketua umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur periode 2017-2021 dalam musyawarah olahraga provinsi di Surabaya, Selasa.

"Terima kasih atas kepercayaannya dan mari bersama ke depan memajukan olahraga di Jatim," ujarnya kepada wartawan di sela Musorprov.

Erlangga yang juga sebagai seorang petahana tersebut menjadi calon tunggal setelah tiga nama kandidat lainnya tak ikut bersaing.

Nama mantan Wakil Ketua Umum KONI Jatim La Nyalla Mattaliti sudah menyatakan mundur tiga hari lalu, kemudian Ketua Umum Pengprov PTMSI Jatim Marzuki Rofi'i dianggap tidak lolos sebagai calon karena tak menyerahkan surat dukungan, meski berkas lainnya lengkap.

Demikian juga dengan mantan Kapolda Jatim Irjen Pol Anton Setiadji, yaitu persyaratan maupun dukungan dianggap tidak lengkap sehingga tidak lolos verifikasi calon ketua umum.

Rencananya, ketua umum terpilih akan dibantu dua anggota formatur untuk membentuk kepengurusan mendatang, yaitu dari cabang olahraga selam dan KONI daerah Pamekasan.

Pada kesempatan tersebut, Erlangga yang juga seorang pengusaha itu bakal melakukan perampingan dalam kepengurusan barunya.

"Kemungkinan sekitar 25 hingga 30 persen akan diperamping. Kalau sekarang sekitar 116 anggota, nanti berkisar 75-an orang pengurus," ucapnya.

Menurut dia, perampingan pengurus perlu dilakukan meski cabang olahraga yang ditangani Jatim cukup beragam sehingga harus benar-benar fokus.

Terlebih, kata dia, tantangan KONI Jatim ke depan juga dirasa sangat berat, khususnya terkait program mewujudkan gelar juara umum di PON XX tahun 2020 di Papua.

"Di satu sisi, lokasi pertandingan dan cabang olahraga serta nomor yang dipertandingkan di PON Papua belum jelas. Tapi di sisi lain, Puslatda harus berjalan karena tidak bisa ditunda. Ini yang menjadi perhatian," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017