Jember (Antarajatim) - Warga bersama TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Polri memperbaiki rumah korban angin puting beliung di Kecamatan Mayang dan Pakusari, Kabupaten Jember, Jawa Timur yang mengalami rusak ringan, Minggu.

"Semua pihak melakukan karya bakti dan gotong royong untuk membantu korban angin puting beliung yang rumahnya rusak ringan," kata Komandan Koramil 0824/08 Kapten Arm Seniman di Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember.

Menurutnya seluruh personel Koramil 0824/08 Mayang, sebanyak 92 personel siswa Secaba Multicorps dari Secaba Rindam V/Brawijaya Jember, BPBD Jember, anggota Polsek Mayang, perangkat Kecamatan, perangkat desa dan masyarakat melaksanakan karya bakti dengan sasaran pembersihan puing-puing dan pembenahan rumah yang mengalami kerusakan.

"Setelah saya memberikan pengarahan, maka pesonel langsung didampingi oleh Babinsa masing-masing desa terdampak bencana dan melaksanakan kegiatan karya bakti tersebut," katanya.

Ia juga menyampaikan terima kasih Kepada Komandan Secaba yang mengirimkan siswanya ke lokasi bencana untuk membantu memperbaiki rumah korban angin puting beliung dan sebelumnya para siswa tersebut juga sedang melakukan latihan berganda di Mayang.

Sementara Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto meminta Danramil dan anggotanya yang merespon cepat terhadap kejadian bencana alam tersebut, sehingga diharapkan korban yang rumahnya mengalami kerusakan ringan dapat tinggal kembali di rumahnya.

"Sedangkan bagi korban yang kondisi rumahnya rusak berat tentunya menunggu kalkulasi material yang dibutuhkan terkait bantuan yang akan diberikan oleh pihak BPBD atau pihak terkait yang berada di lapangan," tuturnya.

Ia menjelaskan karya bakti TNI tersebut melakukan pembersihan puing-puing dan pembenahan bagi rumah yang rusak ringan, serta tentunya akan terus diadakan karya bakti hingga semua korban dapat kembali menempati rumahnya.

Puting beliung yang disertai hujan deras merusak puluhan rumah warga dan satu orang mengalami luka-luka di Kecamatan Mayang dan Pakusari, Kabupaten Jember, Sabtu sore.

Berdasarkan data Kodim 0824 Jember tercatat rumah yang rusak yakni rumah sekaligu warung milik Pak Misno di Desa Tegal Rejo, Kecamatan Mayang roboh hingga menutupi jalan karena diterpa angin puting beliung, sehingga sempat memacetkan jalur perbatasan Kabupaten Jember-Banyuwangi.

Sedangkan di Desa Mrawan dan Desa Mayang tercatat beberapa rumah roboh milik Bu Rusmina (45) yang tertimpa pohon, rumah Pak Budiono (40), rumah Pak Bukhori (48), rumah Pak Tarwi (52) tahun, Pak Holil (51) dan rumah Bu Maryati (55).

Kemudian beberapa rumah di Kecamatan Pakusari juga terdampak angin putting beliung yakni sebanyak empat rumah di Desa Pakusari mengalami rusak ringan, tiga rumah di Desa Subo juga rusak ringan dan satu gudang pengeringan tembakau milik PTPN X Kertosari roboh.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017