Surabaya (Antara Jatim) - Pengamat politik asal Universitas Airlangga Surabaya Hari Fitrianto menilai Bupati Trenggalek Emil Elistyanto Dardak layak sebagai calon Wakil Gubernur Jawa Timur pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) setempat 2018.

"Emil Dardak cocok untuk menjadi pendamping Gubernur di Jatim periode mendatang," ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Kamis.

Menurut dia, suami artis Arumi Bachsin itu disebut sebagai figur yang cocok sebagai orang nomor dua di Pemerintah Provinsi Jawa Timur karena nama kuat calon gubernur yang beredar saat ini masih merepresentasikan kalangan Nahdatul Ulama (NU).

"Para calon gubernur massanya tersebar di kawasan Tapal Kuda dan Madura. Padahal provinsi ini nuansannya nasionalis religius sehingga pasangan cagub dan cawagub yang ideal harus dari figur merepresentasikan kawasan Mataraman yang banyak dihuni oleh pemilih nasionalis," ucapnya.

Dari parameter politik, kata dia, nama Emil tidak bisa diremehkan meskipun belum genap dua tahun memimpin Trenggalek.

"Sebagai pendatang baru di dunia politik, dia berhasil mengalahkan lawan politiknya yang notabene politikus senior di Trenggalek," katanya.

Emil, lanjut dia, juga dinilai memiliki modal popularitas lebih dari nama calon lain, termasuk sebagai suami seorang artis yang diprediksi akan mampu mengumpulkan suara pemilih muda.

"Jika dia digandeng oleh salah satu calon gubernur dalam Pilkada tahun depan maka bisa jadi menjadi 'kuda hitam' dalam bursa. Tinggal bagaimana tim bisa mengelola figurnya," katanya.

Sementara itu, sejumlah nama kepala daerah mulai bermunculan menjelang Pilkada 2018 dan diprediksi kuat melaju, antara lain Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansah, Anggota DPR RI dari Partai Nasdem Hasan Aminuddin, dan beberapa nama lainnya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017