Sumenep (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, segera mengoperasikan tempat permanen pedagang kaki lima di kawasan Sub-Terminal Bangkal Kecamatan Kota.

"Kalau semuanya berjalan lancar, fasilitas yang dibangun melalui APBD Perubahan 2016 Sumenep itu akan dioperasikan pada 26 Januari 2017," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Saiful Bahri di Sumenep, Rabu.

Pada awal Juli 2016, ratusan PKL yang berjualan di kawasan Taman Adipura direlokasi sementara ke Lapangan Giling, karena pemerintah daerah ingin mengembalikan fungsi Taman Adipura sebagai ruang terbuka hijau.

Selanjutnya, pemerintah daerah melalui APBD Perubahan 2016 menyiapkan dana sekitar Rp4,2 miliar untuk merehabilitasi Sub Terminal Bangkal dan Pasar Hewan Bangkal yang sudah dinyatakan tak beroperasi itu sebagai tempat permanen bagi PKL Taman Adipura.

Pada akhir Desember 2016, pengerjaan tempat permanen PKL oleh rekanan pelaksana itu dinyatakan selesai oleh pihak terkait di pemerintah daerah.

"Beberapa hari lalu, kami telah mengumpulkan perwakilan paguyuban PKL Taman Adipura untuk pendataan ulang guna memastikan fasilitas tersebut benar-benar digunakan oleh PKL yang sebelumnya beraktivitas di Taman Adipura," kata Saiful, menerangkan.

Ia menjelaskan, sesuai hasil koordinasi dengan perwakilan paguyuban PKL, terdapat 314 PKL yang sebelumnya beraktivitas di Taman Adipura dan dinyatakan sebagai calon pengguna tempat permanen PKL di Bangkal.

Pihak terkait di pemerintah daerah masih akan melakukan verifikasi sekaligus meminta kelengkapan administrasi kepada calon pengguna fasilitas tersebut.

"Sekali lagi, kami ingin memastikan mereka yang memanfaatkan tempat permanen PKL di Bangkal itu benar-benar eks PKL Taman Adipura. Verifikasi merupakan sebuah hal yang dilakukan oleh kami dengan tetap berkoordinasi dengan perwakilan paguyuban," ujarnya.

Saiful menjelaskan, verifikasi dan penyerahan kelengkapan administrasi oleh PKL calon pengguna tempat permanen PKL di Bangkal itu diperkirakan selesai dalam waktu sepekan dan selanjutnya mereka sudah bisa menempati fasilitas baru itu pada 26 Januari 2017. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017