Madiun (Antara Jatim) - Gereja Katolik Santo Cornelius yang terletak di Jalan Pahlawan Kota Madiun, Jawa Timur, menggelar empat kali misa dalam rangka Hari Natal pada Sabtu-Minggu, 24-25 Desember 2016.

"Selama dua hari perayaan Natal, digelar empat kali Misa Natal, yakni Misa Malam Natal, Misa Natal Pagi dan Misa Natal Sore," ujar Panitia Natal Gereja Katolik Santo Cornelius Madiun, Teguh Suharto di sela persiapan Misa di gereja tersebut, Sabtu.

Pihaknya merinci pada Misa Malam Natal digelar hari ini mulai pukul 18.00 WIB, kemudian misa kedua pada pukul 21.00 WIB.

"Kemudian, pada Misa Natal Minggu pagi akan digelar pukul 08.00 WIB dan Misa Natal sore pada pukul 18.00 WIB," kata dia.

Dalam sekali misa, diperkirakan jumlah jemaat yang hadir mencapai 500 hingga 1.000 orang. Untuk mengantisipasi banyaknya jemaat yang beribadah, pihaknya sudah menyediakan ribuan kursi, baik di dalam maupun di luar gedung gereja.

Sedangkan, kapasitas gedung diperkirakan mampu menampung lebih dari 500 orang. Dengan tambahan kursi di samping kiri dan kanan serta depan bagian luar sebanyak 1.000 kursi, maka total daya tampung gereja untuk sekali Misa mencapai 2.000 orang.

Guna mengantisipasi ancaman teror dan gangguan keamanan lainnya, Polres Madiun Kota telah mengerahkan sejumlah personelnya untuk melakukan pengamanan di gereja terbesar di Kota Madiun tersebut.

Sehari sebelumnya, Tim Gegana Polda Jatim dibantu anggota Polres Madiun Kota juga telah menyisir dengan menggunakan alat pendeteksi di sejumlah ruangan gereja untuk memastikan pelaksanaan ibadah berjalan aman.

"Kami merasa terbantu dengan adanya pengamanan dari Bapak Polisi. Hal itu memberikan rasa aman, sehingga umat bisa merayakan Misa Natal dengan lancar," tambah Teguh.

Selain bantuan dari anggota kepolisian, pengamanan gereja juga dilakukan oleh anggota keamanan dari interen gereja dan relawan dari lintas agama. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016