Surabaya, (Antara Jatim) - PT Pertamina (Persero) melakukan kegiatan bersih-bersih Pantai Watu Dodol, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur bersama 500 nelayan dan pemegang kebijakan setempat sebagai bagian dari kegiatan sosial dalam rangka HUT 59 perusahaan tersebut.

Wakil Direktur Utama Pertamina Ahmad Bambang dalam keterangan persnya di Surabaya, Sabtu mengatakan selain memperingati HUT 59, kegiatan bersih-bersih juga bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk lebih peduli akan kelestarian lingkungan pesisir pantai, khususnya dengan menjaga kebersihannya. 

"Melalui beberapa kegiatan ini, dapat menjadi bukti komitmen Pertamina pada peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan di sekitar pesisir melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) maupun Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dengan momentum HUT perusahaan," katanya.
 
Bambang menjelaskan, sebagai perusahaan yang bergerak di sektor energi dengan sebagian wilayah operasinya bersentuhan dengan pantai, Pertamina merasa ikut bertanggung jawab terhadap upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan yang berada di sekitar wilayah operasi perusahaan. 

"Untuk itu, tidak hanya bersih-bersih pantai tetapi kami juga melakukan beberapa program kegiatan CSR dan PKBL di Banyuwangi,” kata Ahmad Bambang.
 
Sementara, Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Alam dan Buatan Kementerian Pariwisata Azwir Malaon yang hadir dalam kegiatan bersih-bersih mengapresiasi langkah tersebut, dan perlu ditiru perusahaan lainnya.

"Apresiasi untuk Pertamina yang merayakan ulang tahun dengan kegiatan bermanfaat antara lain pemberian bantuan CSR Pertamina berupa layanan kesehatan dan pengobatan gratis untuk 500 orang warga, santunan kepada 59 anak yatim, pemberian bantuan peralatan kebersihan kepada warga, serta bantuan pengecatan plengsengan sungai," katanya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat melakukan aksi lepas tukik yang juga digelar berasama Pertamina mengatakan program Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan dengan disertai aksi lepas tukik dan konservasi penyu merupakan program penting yang dapat mendukung ekowisata di Banyuwangi.

"Kami mengharapkan aksi ini dapat memberikan kontribusi positif untuk mendukung pengembangan ekowisata dan upaya pelestarian penyu di wilayah pesisir Banyuwangi," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016