Surabaya (Antara Jatim) - PT Pelindo III Persero mengapresiasi Pelabuhan Kumai, Kalimantan Tengah karena kebersihan toiletnya, dan mendapatkan penghargaan dalam rangka HUT ke-24 Pelindo III 2016.

Dirut Pelindo III Orias Petrus Moedak dalam keterangan persnya di Surabaya, Jumat mengaku dalam memperingati HUT ke-24 sengaja menggelar kompetisi toilet bersih antar pelabuhan cabang dengan empat kategori yaitu area perkantoran, terminal penumpang, gudang dan lapangan penumpukan.  

Selain itu, juga digelar kegiatan sosial seperti kerja bakti di lingkungan pelabuhan masing-masing dan tasyakuran seperti pemotongan tumpeng dan dilanjutkan aksi sosial berupa donor darah.

"Untuk juara satu toilet bersih kategori terminal penumpang diraih Pelabuhan Kumai, Tanjung Emas dan Lembar, dan kategori toilet kantor yaitu Pelabuhan Kumai, Celukan Bawang dan Lembar. Sedangkan kategori toilet lapangan penumpukan terbaik dimenangkan Pelabuhan Tanjung Intan, Lembar dan Bima, serta kategori toilet gudang terbaik diraih oleh Terminal Petikemas Semarang," katanya.

Orias mengatakan, penilaian toilet berdasarkan pada 21 indikator yakni tidak ada genangan air (kering), ventilasi memadai (udara cukup/ada sirkulasi udara), penerangan/pencahayaan cukup (lampu/sinar matahari), penggunaan air efisien, saluran air dan toilet lancar.

Selain itu, juga dilihat adanya indikator penyediaan air bersih memadai, tersedia tempat sampah, tersedia tisu/sejenisnya, sabun cair, cermin, pewangi ruangan/sejenisnya, kran air berfungsi dengan baik, tersedia himbauan/slogan kebersihan, keset kamar mandi, pintu toilet berfungsi dengan baik (tertutup rapat, kunci berfungsi), tersedia gantungan baju, bersih (dari kotoran, coretan, sampah, bekas tapak), lantai tidak licin, tidak ditemukan binatang (kecoak, serangga, tikus) dan toilet terawat (plafon tidak rusak dan cat tidak mengelupas).

Sementara itu dalam sambutannya, Orias mengatakan peringatan HUT-24 harus mengingat makna apa saja yang telah dilakukan Pelindo III selama 24 tahun sebelumnya, yakni untuk melayani pengguna jasa.

"Semakin bertambahnya usia perusahaan, ini merupakan momen untuk bersyukur dan refleksi untuk menjadi lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa sesuai dengan budaya perusahaan yaitu customer fokus, care, dan integriti," katanya.

Sebelumnya, perayaan HUT ke 24 Pelindo III diselenggarakan secara sederhana oleh seluruh pegawai Pelindo III di Kantor Pusat Auditorium Bromo lantai 5, dan dilakukan secara serempak di 17 cabang masing-masing pelabuhan.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016