Jember (Antara Jatim) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa akan menghadiri puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional yang digelar di alun-alun Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (3/12).

"Kami sudah mendapat kepastian bahwa Bu Menteri Khofifah akan hadir pada puncak acara peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) di Jember," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Jember Eko Heru Sunarso di sela-sela pembukaan kegiatan HDI di alun-alun Jember, Jumat.

Dalam kunjungan ke Kabupaten Jember, Menteri Sosial akan meluncurkan warung gotong royong elektronik (e-warong) kelompok usaha bersama penerima program keluarga harapan untuk kalangan penyandang disabilitas di Jember.

"Rencana peluncuran e-warong akan dilakukan di Kelurahan Baratan, Kecamatan Patrang dan setelah kegiatan tersebut, Bu Khofifah akan memberikan sambutan dalam acara HDI di alun-alun Jember dan melihat pameran hasil karya difabel," tuturnya.

Heru mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjadikan Kabupaten Jember sebagai kota yang ramah inklusi dan ramah difabel, sehingga semua pihak dan elemen masyarakat harus mendukung untuk mewujudkan hal tersebut.

Kegiatan HDI diawali dengan kegiatan senam kelompok difabel dan masyarakat umum di alun-alun yang dihadiri oleh Wakil Bupati Jember A. Muqit Arief dan forum pimpinan daerah yang sekaligus membuka puncak rangkaian kegiatan peringatan HDI di Jember.

"Sahabat difable jangan sedih karena anda tidak sendiri, kami mencintai kalian kelompok difable dengan perlakuan yang sama dengan yang lain dan pelayanan istimewa karena saya yakin dibalik kekurangan yang dimiliki, pasti ada hikmah besar," kata Wabup Muqit dalam sambutannya di hadapan ribuan difabel dari berbagai daerah yang memenuhi alun-alun Jember.

Ia berharap kegiatan HDI di Jember berjalan lancar dan semua pihak mendukung untuk mewujudkan Kabupaten Jember yang ramah inklusi dan sebagai wujud keseriusan itu maka dalam peringatan HDI akan dihadiahkan sebuah peraturan daerah (perda) tentang disabilitas.

"Mungkin satu-satunya di Indonesia, Pemkab Jember akan memberikan hadiah kepada kaum difabel yakni Perda tentang Difabel untuk Kabupaten Jember," ujarnya.

Dalam rangkaian kegiatan HDI di Jember, berbagai lomba yang melibatkan para penyandang disabilitas digelar di antaranya lomba menulis dan mewarnai untuk anak-anak bekebutuhan khusus, kemudian lomba menyanyi dan lomba memasak untuk kelompok difabel.

"Hasil karya produk kelompok difabel juga dipamerkan di alun-alun Kabupaten Jember dan hal tersebut merupakan bukti bahwa mereka yang memiliki keterbatasan mampu membuat karya dan kerajinan yang luar  biasa," ucapnya, menambahkan.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016