Bojonegoro (Antara Jatim) - Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPNV) Yogyakarta siapkan buku kepemimpinan Bupati Bojonegoro Suyoto yang biasa dipanggil"Kang Yoto" dengan judul "The Essence Of Leadership Kang Yoto".
    
"Kami menggelar grup diskusi hari ini untuk mencari masukan kepada berbagai pihak untuk memperkaya buku dengan judul "The Essence Of Leadership Kang Yoto"," kata  Kapuslitbang LPPM UPNV Yogyakarta Dr. Sri Suryaningsum, di Bojonegoro, Senin.
    
Dalam grup diskusi di kantor pemerintah kabupaten (pemkab) dihadiri Bupati Bojonegoro Suyoto, dengan jajarannya juga sejumlah dosen Universitas Bojonegoro dan sejumlah tokoh masyarakat.
    
Menurut dia, buku dengan judul "The Essence Of Leadership Kang Yoto" sudah dipersiapkan secara matang dengan melakukan berbagai penelitian terkait kepemimpinan Suyoto dalam memimpin Bojonegoro.
    
Bahkan, kata dia, esensi kepemimpinan Suyoto juga sudah pernah disampaikan dalam berbagai forum diskusi tingkat Internasional.
    
"Kepemimpinan Suyoto sangat berbeda dengan pola kepemimpinan daerah lainnya, seperti daerah di Jawa Tengah," jelas dia.
    
Salah satu contoh, katanya, dalam dialog Jumat yang digelar secara rutin di daerah setempat masyarakat dipersilahkan memarahi bupatinya terkait berbagai bidang pembangunan.
    
"Esensi kepemimpinan itu tidak ada di daerah lainnya. Di salah satu daerah di Jawa Tengah tidak bisa seorang rakyat memarahi rajanya," ucapnya menambahkan.
    
Di lain pihak, menurut dia, dengan kemampuan APBD yang ada di daerah setempat bisa lebih cepat mendorong perekonomian masyarakat dibandingkan dengan daerah lainnya yang juga memiliki kekuatan APBD yang sama.
    
"Salah satu faktor cepatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat tidak lepas dari kepemimpinannya (Suyoto)," tuturnya.
    
Ia menegaskan bahwa buku dengan judul "The Essence Of Leadership Kang Yoto" akan secepatnya diluncurkan.
    
"Peluncuran buku "The Essence Of Leadership Kang Yoto" masih mencari waktu yang tepat," tandasnya ketika menanggapi pertanyaan peserta diskusi yang meminta peluncuran buku dilakukan secara besar-besaran.        
    
Buku dengan judul The Essence Of Leadership Kang Yoto" ditulis Dr. Sri Suryaningsum, Dr. Mohammad Irhas Effendi, dan Drs. R Hendry Gusaptono.  
    
Bupati Bojonegoro Suyoto, menyambut baik penerbitan buku dengan judul "The Essence Of Leadership Kang Yoto" oleh UPNV Yogyakarta.
    
"Pada prinsipnya esensi kepemimpinan merupakan proses yang panjang dari perjalanan seseorang," ucapnya menambahkan. (*)

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016