Sidoarjo (Antara Jatim) - Tim Penggerak PKK Kabupaten Sidoarjo mendorong kepada warga masyarakat yang ada di kabupaten setempat untuk mengkonsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) untuk pemenuhan gizi anggota keluarga.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sidoarjo  Anik Saiful Ilah mengatakan variasi atau beragam makanan penting disajikan karena kebutuhan zat-zat gizi yang diperlukan tubuh tidak bisa dipenuhi oleh satu makanan saja. 

"Bahan pangan yang bervariasi bisa didapat dari sumber bahan nabati maupun hewani sehingga kekurangan yang terdapat pada suatu bahan dapat dipenuhi dari bahan lain," katanya saat membuka sosialisasi dan simulasi pangan B2SA di Sidoarjo, Kamis.

Ia juga meminta setiap keluarga harus bisa menyajikan makanan yang bervariasi kepada anggota keluarganya karena selain bervariasi tentunya bergizi, seimbang dan aman.

"Dengan penerapan bahan pangan B2SA akan menciptakan keluarga yang berkualitas. Untuk itu perencanaan menu keluarga yang memenuhi unsur B2SA penting dilakukan," katanya.

Ia juga mengatakan pemahaman pangan B2SA melalui permainan simulasi adalah bagian dari starategi sosialisasi karena menurutnya, dipilihnya permainan simulasi karena mudah diterima masyarakat. 

"Masyarakat akan mudah teringat materi pangan B2SA yang disampaikan dalam bentuk permainan yang menyenangkan," katanya.

Ia berharap, anggota TP-PKK kecamatan, desa maupun kelurahan dapat segera mensosialisasikan pangan B2SA kepada masyarakat sebagai upaya menciptakan menu keluarga yang mengandung B2SA dapat terus terwujud.
 
Ia meminta, anggota PKK kecamatan, desa maupun kelurahan  untuk segera terjun kemasyarakat mensosialisasikan pangan B2SA. 

"Dengan sosialisasi tersebut ia juga berharap akan meningkatkan kreativitas ibu-ibu dalam membuat berbagai menu makanan B2SA dengan bahan lokal yang mudah diperoleh," katanya.

Dosen Akademi Gizi Surabaya, Annas Buanasita yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut mengatakan kebutuhan zat gizi bagi tubuh tidak bisa dicukupi oleh satu makanan saja. 

"Tidak ada satu makanan yang  paling lengkap untuk memenuhi kebutuhan zat gizi bagi tubuh kecuali ASI. ASI adalah makanan terlengkap yang dapat diberikan kepada bayi usia 0 sampai 6 bulan. Untuk itu makanan beraneka ragam perlu dikonsumsi manusia," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016