Jember (Antara Jatim) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 9 Jember menambah rangkaian kereta bisnis dan eksekutif KA Mutiara Timur untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang selama kegiatan Jember Fashion Carnaval (JFC) di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Penambahan satu kereta bisnis dan satu kereta eksekutif KA Mutiara Timur jurusan Banyuwangi-Surabaya pulang pergi (PP) untuk perjalanan pada tanggal 26 Agustus 2016 dan 28 Agustus 2016," kata Manajer Humas PT KAI Daop 9 Lukman Arif di Jember, Rabu.

Menurutnya, penambahan rangkaian kereta api tersebut yakni satu kereta bisnis pada perjalanan KA Mutiara Timur siang jurusan Banyuwangi-Surabaya (PP) pada tanggal 26 Agustus 2016 dan satu kereta eksekutif pada KA Mutiara Timur malam jurusan Banyuwangi-Surabaya pada tanggal 28 Agustus 2016. 

"Kapasitas untuk kereta bisnis sebanyak 64 tempat duduk, sedangkan kelas eksekutif sebanyak 50 tempat duduk," tuturnya.

Pada hari normal, lanjut dia, rangkaian KA Mutiara Timur terdiri dari empat kereta kelas eksekutif, tiga kereta kelas bisnis, satu kereta makan dan satu kereta pembangkit, sehingga dengan penambahan kereta pada kegiatan JFC, maka kereta eksekutif menjadi lima kereta dan empat kereta bisnis.

"KA Mutiara Timur merupakan KA kelas komersial dengan tarif  tiket berlaku mengacu pada sistem tarif batas atas (TBA) dan tarif batas bawah (TBB). Tiket untuk kelas bisnis Rp145.000 untuk relasi Banyuwangi-Surabaya dan Rp120.000 untuk relasi Jember-Surabaya," katanya.

Sedangkan untuk kelas eksekutif, tiket kereta sebesar Rp200.000 untuk relasi Banyuwangi-Surabaya dan Rp160.000 untuk relasi Jember-Surabaya, namun untuk relasi Jember–Banyuwangi tiketnya seharga Rp40.000 untuk kelas bisnis dan Rp60.000 untuk kelas eksekutif.

"Kami optimistis jumlah penumpang kereta api akan meningkat selama kegiatan JFC di Jember, apalagi saat itu juga bertepatan dengan libur akhir pekan," ujarnya menambahkan.

Kereta api yang beroperasi di wilayah Daop 9 setiap harinya yakni KA Logawa jurusan Jember-Purwokerto, KA Sritanjung jurusan Banyuwangi-Yogyakarta, KA Tawangalun jurusan Banyuwangi-Malang, KA Probowangi jurusan Banyuwangi-Surabaya, KA Pandanwangi jurusan Jember-Banyuwangi, KA Mutiara Timur siang dan KA Mutiara Timur malam dengan jurusan Banyuwangi-Surabaya.

Sementara itu, kegiatan JFC International Event digelar sejak 24-28 Agustus yang dimulai JFC International Exhibition dengan menampilkan puluhan stand yang menampilkan produk-produk lokal bidang "Fashion, Art+Craft, Culture and Tourism", serta kuliner.

Kemudian karnaval JFC Kids yang diikuti ratusan peserta pada 25 Agustus 2016, Artwear Carnival pada 26 Agustus 2016, dilanjutkan Wonderful ArtChipelago Carnival yang diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai provinsi di Indonesia pada 27 Agustus 2016, dan Grand Carnival JFC yang digelar pada 28 Agustus 2016.(*)
     

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016