Sidoarjo (Antara Jatim) - Sejumlah delegasi dari negara asing mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Surabaya di Porong, Sidoarjo Jawa Timur untuk melihat langsung hasil karya yang dihasilkan oleh warga binaan yang ada di dalam lapas setempat.

Penasihat Menteri Hukum dan HAM Ian Siagian mengatakan kedatangan delegasi negara asing tersebut ingin melihat dari dekat hasil karya yang dihasilkan oleh warga binaan.

"Selain itu, kami juga ingin menunjukkan kepada delegasi negara asing ini kalau lembaga pemasyarakatan yang ada di Indonesia seperti di Porong ini cukup bersahabat sehingga nantinya saat mereka kembali ke negaranya bisa membawa kabar baik ini," katanya usai mendampingi delegasi negara asing di Lapas Porong Sidoarjo, Rabu.

Ia mengemukakan, delegasi negara asing tersebut di antaranya berasal dari Korea Selatan, Jepang,  Norwegia, Australia, Timor Leste, Brunai Darussalam, Kamboja, Thailand, Belanda, Inggris, Swiss, Jerman dan juga Myanmar.

"Kedatangan para delegasi negara-negara asing tersebut melihat secara langsung hasil karya para narapidana di lapas Indonesia," ucapnya.

Selain itu, kata dia, yang kami bawa ke lapas ini untuk berbagi pengalaman-pengalaman terutama keadaan penjara ada di Indonesia yang cukup bersahabat ini untuk dibawa ke negaranya masing-maisng.
 
"Tentang ketrampilan para warga binaan di lapas ini sebagai contoh, karena hasil karya warga binaan di Lapas Porong ini bisa ekspor ke Eropa dan juga beberapa negara tujuan lainnya," tuturnya.

Sementara itu di tempat yang sama Kalapas Klas I Surabaya di Porong Prasetyo menyatakan bahwa para narapidana atau warga binaan ini kerja sama dengan pihak ketiga untuk menciptakan hasil karya berupa kursi dan juga peralatan rumah tangga lainnya.

"Warga binaan ini sejumlah 300 lebih setiap harinya mereka dikaryakan untuk membuat mebel dan juga kapal boat yang bekerja sama dengan pihak ketiga," ujarnya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016