Jember (Antara Jatim) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0824 Jember menggelar bakti sosial pemasangan alat kontrasepsi keluarga berencana secara gratis di Rumah Sakit Bina Sehat Jember, Jawa Timur, Minggu.

Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Muhammad Nas, di Jember, mengatakan kegiatan bakti sosial tersebut dilaksanakan dalam rangka TNI Manunggal Keluarga Berencana dan Kesehatan (TMKK) dengan menggandeng rumah sakit swasta di Jember.

"Program TMKK itu merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh seluruh jajaran TNI dalam rangka peran sertanya mengendalikan perkembangan penduduk, tentunya bekerjasama dengan BPPKB Jember," tuturnya.

Menurut dia, keterlibatan TNI dalam program KB tersebut merupakan wujud kepedulian TNI terhadap pengendalian perkembangan penduduk di Indonesia pada umumnya dan khususnya Jember.

"Apabila perkembangan penduduk tidak terkendali, tentunya akan sangat berpengaruh pada program-program pemerintah lainnya terkait penyediaan sarana pendidikan, pangan dan lain-lain sehingga tentunya rawan terhadap rapuhnya kemananan negara," katanya.

Sementara Kepala Bidang Pelayanan KB dan Keluarga Sejahtera (KS) BPPKB Jember Riyadi Budi Cahyono mengatakan program pelayanan yang dilakukan dalam TMKK tahun 2016 diutamakan pada pemasangan metode kontrasepsi jangka panjang.

"Layanan KB gratis itu di antaranya pemasangan IUD (spiral), susuk (implant), metode operasi wanita (MOW), dan metode operasi pria (MOP) atau vasektomi," tuturnya.

Ia mengatakan BPPKB bekerja sama dengan Kodim 0824 dan Rumah Sakit Bina Sehat dapat melayani pemasangan kontrasepsi KB gratis serentak untuk 233 MOW dan 27 orang MOP yang merupakan masyarakat dari Jember.

"Program KB ini merupakan tanggung jawab semua pihak, dan kerja sama dengan TNI  tentunya sangat membantu dalam program pengendalian penduduk terutama di Jember," ujarnya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016